Afrilyano Menjadi Anggota DPRD, Ingin Membangun Katingan

Afrilyano, S.Sos

BALANGANEWS, – Afrilyano, S.Sos, yang biasa dipanggil Yano dalam pengakuannya, menjadi Anggota dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Rabu (14/8/2024), usai dilantik sebagai anggota DPRD Kabupaten Katingan priode 2014-2028, dalam pengakuannya dirinya memang bersungguh-sungguh ingin membangun Kabupaten Katingan yang lebih baik ke depannya.

“Dengan harapan Katingan bisa lebih maju dan lebih bermanfaat bagi seluruh masyarakat Katingan,” katanya.

Sedangkan bicara tentang legislatif dan birokrasi yang merupakan mitra untuk membangun Kabupaten Katingan ini menurutnya merupakan dua lembaga yang saling butuh membutuhkan. Hal ini terbukti saat menganggarkan biaya untuk membangun daerah Kabupaten yang berjuluk bumi Penyang Hinje Simpei ini.

Maksudnya, eksekutif selaku tim anggaran dan legislatif selaku badan anggaran yang berfungsi sebagai badan anggaran. “Jadi, dalam membangun daerah Kabupaten Katingan tidak serta merta langsung diselenggarakan, tapi harus dilakukan pembahasan terlebih dahulu oleh eksekutif bersama legislatif. “Setelah ada kesepakatan bersama, baru ditetapkan melalui Peraturan Daerah (Perda) semua program yang akan dibangun,” terangnya.

Sehingga, apa saja yang dibangun oleh Pemda Kabupaten Katingan nanti, dirinya berharap bukan hanya sekedar membangun saja, tapi juga bisa bermanfaat seoptimal mungkin dalam meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat di Kabupaten Katingan ini. Karena, semua hasil pembangunan tersebut merupakan uang rakyat/masyarakat yang berasal dari berbagai jenis dan retribusi yang dibayar masyarakat kepada pemda. “Baik pembayaran pajak kendaraan bermotor, perizinan, retribusi sampah, pembuatan IMB, dan lain sebagainya,” sebutnya.

Kemudian, terkait dengan dana pembangunan yang dianggarkan untuk pembangunan setiap tahunnya selama beberapa tahun ini menurutnya selalu terbatas. Sehingga, ketika ada usulan pembangunan dari masyarakat melalui musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) yang dilaksanakan oleh dan usulan masyarakat melalui reses yang dilaksanakan oleh anggota DPRD Kabupaten Katingan tidak semua usulan yang harus diakomodir. “Tapi, dilihat dari usulan yang mendesak,” ujar alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu (FISIP) di Universitas Palangkaraya (UMP) Kampus II Kasongan ini.

Dari beberapa usulan yang sangat mendesak untuk diprioritaskan dalam meningkatkan pembangunan di Kabupaten Katingan pada saat ini hingga ke depannya, lanjutnya, seperti ruas jalan yang sampai saat ini masih ada beberapa jalan darat di Kabupaten Katingan ini yang belum terakses hingga ke ibukota Kabupaten Katingan. Contohnya, ruas jalan dari Pakahi hingga desa Kampung Melayu Kecamatan Mendawai. ” Namun, jika ruas jalan antara Pakahi hingga desa Kampung Melayu ini bisa terakses, maka saya yakin, tingkat kesejahteraan masyarakat Katingan dari tahun ke tahun akan meningkat,” pungkas legislator PKB ini.

Sekedar diketahui, Afrilyano ini merupakan anggota Polri di Katingan, pada tahun 2023 lalu telah meminta pensiun dini, dengan pangkat terakhir Ajun Inspektur Polisi Dua ( Aipda). Kemudian, pada tahun yang sama, dirinya mendaftar menjadi calon legislatif (caleg) dengan menggunakan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan terpilih sebagai salah satu dari 25 anggota DPRD Kabupaten Katingan periode 2024-2029, yang dilantik dan diambil sumpah/janjinya oleh ketua Pengadilan Negeri (PN) Kasongan Rabu pagi (14/8/2024), di ruang paripurna DPRD setempat. (abu)