Bawaslu Gelar Apel Siaga Pengawasan Pilkada 2024

Apel Siaga Pengawasan Pemilihan Gubernur-Wagub Kalteng dan Bupati-Wabup Katingan 2024, Selasa pagi (22/10/2024), di Kawasan Bukit Batu Kecamatan Katingan Hilir Kabupaten Katingan

BALANGANEWS, KASONGAN – Badan Pengawas () Kabupaten gelar apel siaga pengawasan pilkada Gubernur-Wagub dan Bupati-Wabup Katingan 2024, Selasa (22/10/2024), di kawasan Bukit Batu Kecamatan Kabupaten Katingan.

Penjabat (Pj) Bupati Katingan, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Katingan, Roby mengatakan pentingnya peran pengawasan pilkada dalam memastikan jalannya demokrasi yang bersih dan berintegrasi. Selain itu, juga mengapresiasi kepada Bawaslu Kabupaten Katingan, Panwascam hingga panwasdes, yang telah bersiaga menjalankan tugas penting ini. “Karena, pilkada serentak 27 November 2024 mendatang merupakan momentum penting bagi demokrasi bagi demokrasi di Kalteng. Khususnya, di Kabupaten Katingan,” kata Roby.

Apel siaga ini menurut Roby, merupakan upaya kesiapsiagaan Bawaslu beserta jajaran di bawahnya di lapangan. Hal ini mengingat tahapan kampanye tengah berlangsung dan pengawasan harus dilakukan secara intensif. Dengan dukungan penuh dari berbagai elemen diharapkan pilkada di Kabupaten Katingan dapat berjalan lancar. “Dengan harapan menghasilkan pemimpin yang amanah,” harapnya.

Di tempat yang sama, ketua Bawaslu Kabupaten Katingan, Yosafat E T Kawung berharap jajaran panwascam dan panwasdes membentuk tim respon cepat. Tujuannya dapat merespon secepat mungkin temuan dan berbagai laporan kerja di wilayahnya masing-masing. “Sehingga, segala temuan dan laporan dapat tersampaikan secara berjenjang kepada kami sebagai Bawaslu Kabupaten Katingan,” harap Yosafat.

Yang tidak kalah pentingnya juga, dirinya mendorong kepada seluruh Panwascam dan Panwasdes agar selalu berinteraksi dengan masyarakat setempat, paslon, tim kampanye dan dengan para relawan. Tujuannya, untuk mendengarkan masukan, saran dan hal-hal yang harus menjadi perhatian kita bersama. “Maksudnya, selalu rutin melakukan koordinasi dengan lembaga dan ke semua pihak,” ingatnya.

Sekedar diketahui, lanjutnya, pengawas pilkada sebenarnya tidak hanya bekerja di kantor saja, tapi juga sering berada di lapangan bersama masyarakat untuk mengawasi jalannya hajatan demokrasi di Kabupaten Katingan. “Karena, kita semua harus siap pada 27 November 2024 mendatang untuk menyalurkan hak suara kita ke TPS dalam pilkada Gubernur-Wagub Kalteng dan Bupati-Wabup Katingan,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, selain beberapa calon (paslon) Bupati dan Wabup Katingan, juga jajaran Forkopimda, ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan beserta jajarannya, ketua Bawaslu Provinsi Kalteng beserta jajarannya, sejumlah tokoh masyarakat, pemula agama tokoh pemuda, tokoh dan ratusan anggota Panwascam se Kabupaten Katingan serta sejumlah undangan lainnya. (abu)