Dewan Berharap DIPA Segera Diterbitkan

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Marwan Susanto
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Marwan Susanto

BALANGANEWS, – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten S Sos berharap Daftar Isian Pelaksana (DIPA) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan segera diterbitkan. Harapannya itu diungkapkannya kepada sejumlah media, Senin pagi (25/1/2021), di ruang lobby DPRD setempat.

Pasalnya, saat ini sudah memasuki triwulan pertama dan tidak sampai satu pekan lagi mengawali bulan Februari 2021. Sementara untuk melakukan lelang kegiatan di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup biasanya antara bulan Februari hingga ke depan.

“Jika bisa segera diterbitkan DIPA dimaksud, maka akan lebih cepat pula masing-masing OPD memproses berbagai kegiatan pembangunan yang sudah diprogramkan,” terang Marwan.

Hal ini menurutnya erat sekali hubungannya dengan bagian LPSE yang memproses lelang, semua proyek yang ada di Pemkab Katingan. Baik itu lelang fisik maupun lelang pengadaan dan jasa.

“Kesimpulannya, jika memang bisa segera, maka semuanya juga dapat diproses secepatnya. Ini yang diharapkan,” lanjut legislator ini.

Terkait dengan pekerjaan pembangunan di Pemkab Katingan, menurutnya memang sudah ada batas waktunya. Sehingga, semakin cepat DIPA diterbitkan, akan semakin cepat pula proses pembangunan di bumi Penyang Hinje Simpei ini.

Selanjutnya, dirinya juga menjelaskan tentang alasan lainnya mengapa harus secepatnya DIPA diterbitkan. Ini semua menurutnya seperti yang sudah disampaikan setiap tahun anggaran, bahwa semua pekerjaan pembangunan dari Pemkab Katingan ada batas waktunya.

“Sebab, jika terlambat 1 hari saja pekerjaannya akan dikenakan sanksi terhadap rekanan itu sendiri,” jelasnya.

Oleh karena itu, untuk menghindari sanksi-sanksi tersebut, sekali lagi dirinya berharap kepada Pemkab Katingan melalui instansi terkait agar bisa segera menerbitkan DIPA dimaksud.

“Sehingga, pada akhir tahun anggaran tidak ada lagi satu proyek pembangunan pun di Kabupaten Katingan ini yang tidak tidak dapat terselesaikan,” pungkas anggota dewan asal Dapil Katingan I yang meliputi wilayah Kecamatan , Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan ini. (abu)