Bupati Tandatangani Kemitraan Dengan Bank Kalteng

Bupati Katingan Sakariyas tandatangani Kemitraan dengan Bank Kalteng cabang Kasongan, Selasa pagi (2/2/2021) tadi, di ruang lobby Setda Katingan

, SE tandatangani Perjanjian Kemitraan dengan , Selasa pagi (2/2/2021), di ruang lobby kantor Bupati setempat.

Penandatanganan kemitraan tersebut dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Sunardi NT Litang, Asisten I Edriyanto, kepala Dinas Pengelolaan, Keuangan dan Aset Daerah (PKAD) setempat Eka Suryadilaga MM, pimpinan cabang Kasongan H Rumbun B Untung SE, beserta karyawan lainnya.

Kemitraan ini menurut Bupati dilakukan berkelanjutan. Sehingga, penandatanganannya pun dilakukan setiap tahun juga. “Biasanya di awal tahun, seperti yang kita saksikan saat ini,” terang Bupati.

Dalam kemitraan ini menurutnya kerjasama dalam bentuk Deposito On Cold (DOC). Maksudnya, uang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yang saat ini menganggur akan ditempatkan di DOC.

Kalau uang Pemkab ini ditempatkan di DOC, untuk penarikannya tidak ada istilah berjangka. Tapi, bisa ditarik kapan saja, jelasnya, seraya mencontohkan. “Masuknya uang Pemkab pada hari Senin. Kalau kita membutuhkan sehari setelah masuknya uang ke DOC, pada hari Selasa bisa kita tarik,” ujar orang nomor satu di bumi Penyang Hinje Simpei ini.

Intinya, lanjutnya, uang Pemkab yang dimasukan ke DOC ini, setiap saat dan kapan saja waktunya bisa ditarik. Beda dengan menanam saham ataupun deposito berjangka, yang harus menunggu waktu.

Menjawab pertanyaan media, keuntungan yang diperoleh dari Bank ini menurutnya, ada dalam bentuk dividen dan ada pula dalam bentuk lainnya. “Sementara keuntungan yang kita peroleh dalam bentuk dividen pada tahun 2020 tadi, sekitar Rp 7 miliar,” akunya.

Dividen yang kita peroleh tersebut menurutnya dari hasil setoran modal Pemkab ke Bank Kalteng cabang Kasongan pada tahun 2020 yang lalu. “Sedangkan setoran modal untuk tahun 2021 ini, masih dalam proses pembahasan bersama legislatif,” pungkas mantan pimpinan Bank Kalteng cabang Kasongan ini. (abu)Â