Jambore UMKM Wilayah Barat Kalteng Diikuti 5.612 Pelaku Usaha

WhatsApp Image 2023 09 05 at 4.45.03 PM (1)
Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran saat membuka secara resmi Jambore UMKM Wilayah Barat Tahun 2023 (Foto: MMC Kalteng)

, KOBAR – Jambore Usaha Mikro Kecil dan Menengah () Wilayah Barat Tahun 2023 yang digelar di Park, Kabupaten , diikuti sebanyak 5.612 pelaku UMKM yang tersebar di wilayah barat Kalteng.

Jambore UMKM Wilayah Barat ini secara resmi dibuka oleh Gubernur Kalteng, H. , Selasa (5/9/2023).

Sugianto Sabran mengatakan, tujuan digelarnya Jambore UMKM untuk mempertemukan antar antar pelaku usaha, pembina, lembaga keuangan, praktisi, dan stakeholders lainnya, untuk meningkatkan daya saing produk, dan mengembangkan sistem jaringan usaha bagi pelaku UMKM untuk mendukung UMKM naik kelas dan go digital.

“Insyaallah Jambore UMKM Tahun 2023 akan terbagi dalam 3 Wilayah di Kalimantan Tengah, yaitu Wilayah Barat, Tengah dan Timur. Hari ini terlaksana dengan baik di Wilayah Barat terpusat di Kabupaten Kotawaringin Barat,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng, H. dalam laporannya menyampaikan sesuai dengan tema Jambore UMKM UMKM Bersatu, Berkembang, Berjaya Menuju UMKM Naik Kelas dan Go Digital, Jambore UMKM ini diselenggarakan dengan tujuan, untuk menjembatani keterhubungan antara UMKM dalam berbagai bidang dengan pelaku usaha untuk kerja sama/kemitraan.

Selain itu, meningkatkan wawasan, pengalaman, dan kapasitas SDM pelaku UMKM, agar mampu mengembangkan kegiatan usahanya dan menciptakan produk berdaya saing global, sehingga mendorong terwujudnya UMKM Naik Kelas.

“Dan juga memberikan pemahaman tentang kewirausahaan dan strategi transformasi menuju UMKM modern berbasis digital,” sambung Sekda Nuryakin.

Materi utama yang akan diangkat dalam kegiatan Jambore UMKM ini adalah seputar Transformasi UMKM berbasis go digital dan menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan bagi UMKM.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber, di antaranya Sekretaris Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian dan UKM RI A.H. Novieta, kemudian dari OJK dan Wilayah Kalteng serta Rizky Mahendra Nihin selaku Motivator. (asp)