Gubernur Pimpin Upacara Hari Jadi ke-65 Kobar, Dorong Kolaborasi untuk Pembangunan

BALANGANEWS, KOTAWARINGIN BARAT – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H. , memimpin upacara peringatan Hari Jadi ke-65 Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) di Halaman Kantor Bupati Kobar, Kamis (3/10/2024).

Dalam sambutannya, Gubernur memberikan apresiasi kepada Penjabat (Pj) Bupati Kobar, Budi Santosa Sudarmadi, dan seluruh jajarannya atas berbagai prestasi serta kemajuan yang telah dicapai.

“Berbagai capaian bagus itu tentu buah kerja keras dan komitmen seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat untuk terus meningkatkan mutu pemerintahan, keuangan daerah, pembangunan, serta pelayanan publik,” ujar .

Gubernur berharap peringatan ini menjadi momentum untuk memperkuat kolaborasi dalam membangun Kotawaringin Barat dan Kalimantan Tengah yang lebih maju dan sejahtera.

“Semangat kolaborasi harus kita gelorakan untuk seiring sejalan mendorong langkah-langkah perbaikan dan inovasi. Muaranya hanya satu, yakni memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat,” tambahnya.

Dalam pidatonya, Gubernur juga menyinggung tantangan zaman yang dihadapi saat ini, seperti laju globalisasi, digitalisasi, ketidakpastian geopolitik global, dan perubahan iklim yang mengancam krisis pangan dan energi.

Untuk menghadapi tantangan tersebut, ia menekankan pentingnya membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat, unggul, dan berdaya saing.

Ia juga meminta agar seluruh pemangku kepentingan fokus pada sektor strategis seperti kemandirian pangan, , , infrastruktur, dan perekonomian, terutama hilirisasi dan pengembangan .

“Pada sektor pangan, Kalimantan Tengah dipercaya sebagai salah satu Lumbung Pangan Nasional melalui program Estate. Diharapkan kita semua mendukung program ini untuk keberhasilan bersama,” jelasnya.

Selain itu, Gubernur menekankan pentingnya mendorong pembangunan infrastruktur untuk mempermudah mobilitas masyarakat, meningkatkan perekonomian, dan menarik investasi.

Ia juga menyoroti sektor unggulan Kotawaringin Barat, seperti pariwisata, perikanan, kelautan, dan UMKM, yang perlu dikembangkan lebih lanjut guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Gubernur juga mengimbau seluruh pihak untuk terus memantau perkembangan inflasi, memperkuat ketahanan pangan, dan bersama-sama mengurangi angka stunting di Kalteng.

“Alhamdulillah, Kalimantan Tengah dipercaya menjadi Lumbung Pangan Nasional dan diminta menyediakan lahan minimal 1 juta hektar,” tuturnya.

Menjelang Pilkada Serentak 2024, Gubernur juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Wali Kota, dan Bupati yang akan berlangsung pada 27 November 2024.

“Saya mengajak seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih untuk datang ke TPS dan memilih. Jaga kerukunan dan keamanan, dan saya ingatkan para untuk tetap netral agar Pilkada berjalan lancar dan menghasilkan pemimpin terbaik,” tegas Gubernur.

Setelah upacara, Gubernur Sugianto menyerahkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional dan Sekolah Adiwiyata Mandiri secara simbolis kepada Pj Bupati Kobar, Budi Santosa Sudarmadi, sebagai bentuk apresiasi atas upaya di bidang pendidikan lingkungan hidup. (asp)