Ingin Turunkan Berat Badan? Ngopi Aja, Begini Caranya

MINUM bisa membantu menurunkan berat badan? Ya. Minuman yang belakangan semakin naik daun ini ternyata bukan hanya bermanfaat untuk menghalau kantuk saja.

Bicara tentang kopi, bagi banyak orang di Indonesia, minum kopi sudah menjadi kebiasaan. Data International Coffee Foundation (ICO) bahkan menunjukkan bahwa Indonesia termasuk dalam 10 besar negara konsumen kopi tertinggi di dunia.

Sebagian besar orang memilih minum kopi karena efek kafein di dalamnya yang berguna untuk membantu mengoptimalkan konsentrasi dan produktivitas. Tapi bagaimana dengan kemampuannya untuk menurunkan berat badan?

Temuan bahwa kopi bisa menurunkan berat badan dipublikasikan oleh jurnal Nutrients pada tahun 2019. Studi yang dilakukan di Eropa, , dan Amerika itu menemukan bahwa konsumsi kopi bisa membantu menurunkan ukuran jaringan lemak di tubuh sehingga membantu menurunkan berat badan.

Lebih lanjut, peneliti menjelaskan bahwa efek kopi untuk menurunkan berat badan bisa terjadi karena beberapa zat aktif di dalam kopi. Zat tersebut bernama asam klorogenik, trigonelin, dan magnesium memiliki efek anti-.

Penting untuk diperhatikan, kopi yang dikonsumsi pada studi tersebut adalah kopi tanpa krimer dan gula. Dengan kata lain, kopi hitam. Sebaliknya, orang-orang yang memiliki kebiasaan minum kopi instan atau kopi yang diberi gula dan krimer justru memiliki risiko tinggi untuk mengalami kenaikan berat badan dan obesitas.

Cara sehat minum kopi

Selain bisa membantu menurunkan berat badan, berbagai studi juga telah mengungkapkan bahwa kopi memberikan manfaat baik bagi dan lever –jika dikonsumsi dengan tepat.

Berikut ini cara sehat minum kopi yang perlu Anda ketahui: