Indosat Ooredoo Catatkan Pertumbuhan di Seluruh Lini Bisnis

BALANGANEWS, Ooredoo Hutchison (IOH) melaporkan kinerja cemerlang selama tahun 2023. Berbagai pertumbuhan didapatkan oleh Indosat Ooredoo.

Seperti pertumbuhan yang pesat dalam total pendapatan, EBITDA, margin EBITDA, trafik data, dan jumlah BTS (Base Transceiver Station) 4G. Total pendapatan dan EBITDA tumbuh konsisten di setiap kuartal tahun 2023.

Indosat membukukan total pendapatan sebesar Rp51,2 triliun di sepanjang 2023, meningkat 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan total pendapatan tersebut didorong oleh peningkatan kualitas pelanggan konsumen dan korporasi serta kinerja positif dari semua lini bisnis Perusahaan.

Pendapatan Selular juga tumbuh 8,7 persen disebabkan oleh peningkatan pendapatan Data dan Interkoneksi. Sementara itu pendapatan Multimedia, Data Communication, and (MIDI) naik 13,0 persen ditopang oleh peningkatan pendapatan layanan IT dan Internet Tetap.

Selanjutnya, pendapatan Telekomunikasi Tetap juga melesat 28,4 persen dari tahun sebelumnya, dikontribusi oleh peningkatan pendapatan Telepon Internasional dan Jaringan tetap.

Peningkatan pendapatan ini juga diikuti oleh optimalisasi biaya yang berdampak pada pertumbuhan positif pada EBITDA sebesar 23,0 persen dari tahun sebelumnya menjadi Rp23,9 triliun.

Indosat juga berhasil mencatat EBITDA margin yang dinormalisasi tumbuh solid sebesar 46,8 persen, meningkat 4,5 poin persentase dari tahun sebelumnya.

Dengan capaian tersebut, Laba Normalisasi Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp3,5 triliun dan tetap positif selama 3 tahun berturut-turut.

Selin itu juga, ARPU yang diraih Indosat Ooredoo naik 5,3 dari tahun sebelumnya menjadi Rp35,6 ribu. Trafik data meningkat 14,8 persen menjadi 14.417 Petabyte (PB).

Selanjutnya, total BTS 4G bertambah 30,7 persen dari tahun sebelumnya, menjadi 179 ribu. Dan ini merupakan bentuk komitmen Perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas layanan ke seluruh pelosok Tanah Air.

President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha mengatakan, pencapaian Indosat Ooredoo Hutchison pada tahun 2023 tak lepas dari kontribusi seluruh pihak mulai dari mitra bisnis, pelanggan, pemegang saham, dan tentunya seluruh karyawan.

“Kinerja keuangan dan operasional yang kuat ini menegaskan komitmen Indosat untuk terus mendorong kemajuan ekosistem industri telekomunikasi di Indonesia,” katanya, Rabu (7/2/2024).

Vikram menegaskan, peran strategis Indosat dalam menginisiasi pertumbuhan pusat data berbasis Artificial Intelligence () di Indonesia. Bersama mitra strategisnya, Indosat memiliki tekad untuk memajukan Indonesia dalam pengembangan AI tingkat dunia.

“Dengan adopsi teknologi terbaru didukung kolaborasi bersama berbagai pihak yang didasari semangat gotong royong, kami akan melanjutkan perjalanan tanpa akhir kami dalam mewujudkan tujuan besar Indosat untuk menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia dengan mengakselerasi transformasi digital bangsa,” tutupnya. (asp)