Disbudpar Pulang Pisau Gelar Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata

BALANGANEWS, – Dinas dan (Disbudpar) Kabupaten Pulang Pisau menggelar kegiatan pelatihan tata kelola destinasi wisata dengan mendatangkan 3 orang narasumber yang berkompeten di bidang kapariwisataan.

Antara lain, Kepala Dinas Budpar Provinsi Kalteng diwakili Kabid Pengembangan Destinasi Wisata, Dosen (), dan Wakil Ketua DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kalsel.

Pelatihan berlangsung selama tiga hari sejak Rabu (7/10/2020) s/d Jumat (9/10/2020) di aula Bappedalitbang kabupaten setempat dimulai sejak pukul 08.00.WIB.

Kegiatan ini diikuti 40 peserta dari terdiri dari beberapa kecamatan yang ada di kabupaten Pulang Pisau diantaranya Kecamatan Banama Tingang, Kecamatan Kahayan Tengah, Kecamatan Jabiren Raya dan sebagai  Pelaku Usaha Pariwisata dan masyarakat di daerah destinasi pariwisata di Kabupaten Pulang Pisau.

Plt Kepala Dinas Budpar Pulang Pisau, Osa Maliki kepada BALANGNEWS.COM, Rabu (7/10/2020)  mengatakan, pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata Tahun 2020 ini merupakan lanjutan dari pelatihan sebelumnya,  sebagai  langkah penting dilakukan dalam mengelola destinasi untuk  memasuki era adaptasi kebiasaan baru dan menerapkan  dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Selain untuk memberikan pengetahuan, pemahaman dan wawasan bagaimana mengembangkan destinasi pariwisata yang ada di Kabupaetn Pulang Pisau, maka Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pulanag Pisau perlu untuk mengadakan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata Tahun 2020,” ujar Osa.

Menurutnya, Kabupaten Pulang Pisau memiliki banyak potensi yang sangat layak dikembangkan baik Wisata Alam, Wisata Budaya, Wisata Religi, Wisata Bahari maupun Wisata Buatan. “Untuk mengembangkan potensi wisata tersebut diperlukan  peran serta pemerintah daerah, seluruh pemangku kepentingan, masyarakat serta diperlukan dukungan sarana  dan prasarana yang memadai,” ungkap Osa.

Melalui pelatihan ini, imbuhnya, diharapkan kualitas tata kelola destinasi pariwisata dan kapasitas masyarakat perlu ditingkatkan, guna mewujudkan dan mengembangkan kawasan strategis pariwisata di Kabupaten Pulang Pisau, serta berupaya meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) yang mampu dan mandiri.

“Pelatihan ini juga bertujuan untuk menambah ilmu,  wawasan serta kemampuan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengelola dan mengembangkan objek wisata  sehingga dapat memberikan pelayanan yang prima bagi wisatawan lokal dan manca negara, meningkatkan tata kelola destinasi serta untuk kemajuan pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Pulang Pisau,” paparnya.

Osa juga menjelaskan, pelatihan ini dilaksanakan dengan metode ceramah/penyajian materi dan diskusi interaktif serta praktek. “Narasumbernya Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Budpar Provinsi Kalteng, Dosen Fisif UPR Bhayu Rhama, dan Wakil Ketua DPD HPI Kalimantan Selatan Antonius Panggabean,” demikian Osa Maliki. (nor)