Kaban Kesbangpol Mura Sebut Insan Pers Miliki Peran Penting

22

, – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan (Kesbangpol) Murung Raya Mizam Chandrapati menyatakan pada tahapan mendatang, peran insan yang ada di Kabupaten Murung Raya diharapkan berperan serta menyukseskan 2024 dengan menyebarluaskan berita dan informasi positif tentang pesta demokrasi ke masyarakat.

“Pemilu tidak akan bisa terlaksana tanpa adanya kerja sama dengan insan pers dan media massa Karena keberadaan media masa ini memiliki peran penting untuk menyebarluaskan informasi tentang pemilu yang baik dan benar,” ujar Mizam Chandrapati.

Yaitu bagaimana membuat publik mengetahui dan paham apa itu Pemilu mulai dari mekanismenya, teknis, kepentingan Pemilu serta fungsi, tujuannya dan tahapan – tahapan pada Pemilu itu dilaksanakan.

Bahkan menurutnya, Selain menyebarluaskan informasi tentang pemilu dan politik, keberadaan media massa juga sebagai alat filter untuk menyaring berita-berita yang dapat memicu terjadinya konflik politik di masyarakat.

“Melihat dari fungsi media massa yang diatur dengan kode etik jurnalistik dalam Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999, maka insan pers dituntut memberikan informasi yang benar, akurat, dan mencerahkan,” tuturnya.

Terkait tahapan Pemilu 2024, lanjutnya dia juga berharap agar insan pers dapat bersikap independen.

Hal tersebut disampaikannya saat diwawancarai awak media usai mengikuti webinar Partisipasi Organisasi Kemasyarakatan dalam Pemilih Cerdas untuk Mewujudkan Pemilu Berkualitas Tahun 2024 yang digelar Kementerian Dalam Negeri secara virtual yang bertempat di aula A kantor Bupati Murung Raya pada Rabu (25/1/2023). (USW/RK1)