Kades Tokung Telah Salurkan BLT DD Kepada 47 KPM

, – Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari transfer Desa (DD) memang terbukti ampuh dan sangat bermanfaat untuk membantu mempertahankan daya beli masyarakat di desa khususnya Keluarga Penerima Manfaat yang biasa disebut KPM.

Dari total 83.763 (delapan puluh tiga ribu tujuh ratus enam puluh tiga) desa di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), yang salah satunya adalah penerima BLT di Desa Tokung Kecamatan Tanah Siang Kabupaten (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang sangat merasakan manfaatnya seperti yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Desa () Tokung melalui Kepala Desa (Kades) Tokung Kecamatan Tanah Siang, Yusnan Yulius Ake.

“Melalui Pemdes, berdasarkan kesepakatan yang telah diputuskan melalui Musdes dan dikuatkan kembali melalui Perkades. Kami Pemdes, untuk Tahun 2024 ini telah menetapkan jumlah penerima BLT DD sebanyak 47 penerima atau KPM,” ujar Kades Tokung Yusnan Yulius Ake kepada Balanganews.com kemarin Kamis, (28/3/2024).

Lanjutnya kembali, memang ada penambahan dari tahun lalu atau tahun 2023 yang jumlah penerima BLT hanya 45 (empat puluh lima) KPM.

“Ada tambahan jumlah penerima pada tahun ini, sebanyak 2 (dua) KPM. Sehingga total penerima BLT tahun ini menjadi 47 (empat puluh tujuh) KPM,” ungkap Kades.

Kembali Kades menyampaikan, BLT sumber dana transfer DD TA. 2024 dimulai dari bulan Januari sampai dengan bulan Juni atau untuk 6 (enam) bulan telah kami lakukan langsung di desa yang mengambil tempat di Kantor pada Rabu, (27/3/2024) yang dimulai dari pukul 12.00 WIB siang sampai selesai. Untuk nilai bantuan yang diterima oleh masing – masing penerima atau KPM, sama seperti desa – desa lainnya.

“BLT DD telah kami salurkan langsung kepada penerima. Masing – masing KPM menerima sebesar Rp.1.800.000,-. Untuk 6 bulan sampai bulan Juni ke depan,” jelasnya kembali.

Gunakan dengan sebaik – baik mungkin untuk membeli kebutuhan pokok atau kebutuhan penting lainnya, mengingat menjelang menghadapi Hari Besar atau Hari Raya bagi umat muslim harga kebutuhan pokok mulai naik.

“Pergunakan dengan sebaik dan sebijak mungkin bantuan dari Pemerintah tersebut. Mengingat, telah menjadi kebiasaan berangsur – angsur harga kebutuhan pokok perlahan mulai merangkak naik menjelang Hari Raya atau Hari Besar Keagaman,” imbuh Ake.

Terima kasihnya kepada Pemerintah Pusat yang hadir untuk membantu masyarakat, terutama membantu masyarakat miskin atau kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan dasar atau kebutuhan pokok sehari – hari.

“Sekali lagi, saya atas nama pribadi dan atas nama Pemdes Tokung mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah hadir untuk membantu masyarakat,” tutup Ake didampingi Perangkat Desanya dan Ketua Desa Tokung Harmoko. (Sam)