Gebyar Gema Takbir Keliling: Peserta di Malam Takbiran Idulfitri Dilepas

, – Mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) (Mura), Kalaksa Murung Raya Fitrianul Fahriman turut melepas peserta yang mengikuti lomba gebyar gema takbir keliling menyambut hari kemenangan Idulfitri 1 Syawal 1445 H di halaman Masjid Agung Al-Istiqlal Puruk Cahu, Rabu (9/4/2024) malam.

Malam takbiran diikuti oleh sejumlah masjid yang ada di kota Puruk Cahu dan juga mushola serta juga ormas Islam yang ada di Murung Raya dan lainnya. Adapun peserta yang mengikuti lomba pada saat malam takbiran itu baik kendaraan roda dua, roda empat.

Star pawai dimulai dari halaman Masjid Agung Al-Istiqlal Puruk Cahu melintasi jalan Jenderal Sudirman, Ahmad Yani, Untung Suropati, Sanggrahan, Veteran, Sengaji kemudian menuju jalan Ahmad Yani dan kembali ke jalan Jenderal Sudirman finis Bundaran Emas.

Tak hanya itu terlihat juga ribuan masyarakat Murung Raya (Mura) sangat antusias mengikuti dan menyaksikan semaraknya pelaksanaan pawai gebyar gema takbir keliling.

Dalam sambutannya Fitrianul Fahriman mengatakan bahwasanya sebagaimana diketahui bersama malam tersebut merupakan malam yang membahagiakan bagi seluruh kaum muslimin di tanah air dengan mengumandangkan Takbir, Tahlil dan Tahmid untuk mengagungkan kebesaran Ilahi rabbi, memuji-Nya serta memanjatkan rasa syukur kepada-Nya.

Tambahnya kaum muslimin dengan penuh sukacita merayakan kemenangan dari peperangan yang besar, yaitu perang melawan hawa nafsu di bulan ini

“Ini merupakan wujud ekspresi kegembiraan kita bersama dengan seluruh umat muslim di tanah air setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa di bulan suci . Kegiatan yang menampilkan berbagai bentuk dan ragam kreasi yang inovatif dan konstruktif ini, diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi bagi umat muslim dalam menyambut momentum hari kemenangan,” tutur Kalaksa

Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan medium untuk mempererat tali silaturahmi, baik antar sesama umat muslim maupun antar umat beragama lainnya, sehingga kegiatan ini dapat menjadi ajang syiar Islam ke tengah masyarakat tentang ajaran Islam yang aman, damai dan saling menjaga toleransi. ()