Ribuan Masyarakat Murung Raya Meriahkan Pawai Takbiran

, – Ribuan masyarakat Murung Raya (Mura) antusias mengikuti dan menyaksikan pawai gebyar gema takbir keliling dalam rangka menyambut hari kemenangan Idulfitri 1 Syawal 1445 H.

Malam takbiran ini diikuti oleh berbagai masjid dan mushola di kota serta sejumlah ormas Islam di Murung Raya. Peserta pawai terdiri dari kendaraan roda dua dan roda empat, yang memulai perjalanan dari halaman Masjid Agung Al-Istiqlal Puruk Cahu.

Rute pawai melintasi jalan Jenderal Sudirman, Ahmad Yani, Untung Suropati, Sanggrahan, Veteran, Sengaji, kemudian kembali ke jalan Ahmad Yani dan berakhir di Bundaran Emas pada Rabu (9/4/2024) malam.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, pada malam yang membahagiakan ini, seluruh kaum muslimin di tanah air mengumandangkan Takbir, Tahlil, dan Tahmid untuk mengagungkan kebesaran Ilahi Rabbi, memuji-Nya, dan memanjatkan rasa syukur kepada-Nya,” ujar Kalaksa Kabupaten Mura, Fitrianul Fahriman, saat membacakan sambutan Pj Bupati Mura.

“Kaum muslimin dengan penuh sukacita merayakan kemenangan dari peperangan yang besar, yaitu perang melawan hawa nafsu. Perang melawan hawa nafsu itu, Insya Allah berhasil kita menangkan dengan penuh rasa penyerahan diri kepada Allah SWT,” sambung Fitrianul Fahriman.

Ia menambahkan bahwa penyelenggaraan Lomba Pawai Takbiran ini merupakan wujud ekspresi kegembiraan bersama umat muslim di tanah air setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah di bulan suci .

Kegiatan ini menampilkan berbagai bentuk dan ragam kreasi inovatif dan konstruktif, diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi bagi umat muslim dalam menyambut momentum hari kemenangan.

“Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi medium untuk mempererat tali silaturahmi, baik antar sesama umat muslim maupun antar umat beragama lainnya. Dengan demikian, kegiatan ini dapat menjadi ajang syiar Islam di tengah masyarakat tentang ajaran Islam yang aman, damai, dan saling menjaga toleransi,” tuturnya. (asp)