Panen Cabe di Pekarangan Kantor Bapplitbangda Mura untuk Pengendalian Inflasi Daerah

BALANGANEWS, PURUK CAHU – Dalam rangka upaya pengendalian daerah yang salah satunya melalui pemanfaatan pekarangan perkantoran di Pemerintah Kabupaten (Mura).

Salah satunya Dinas Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapplitbangda) Kabupaten Murung Raya mengadakan kegiatan panen tanaman cabe di Halaman Kantor , Selasa (4/6/2024).

Plt. Kepala Dinas Bapplitbangda Mura Ferry Hardi menyampaikan laporannya bahwa giat ini adalah hasil dari tindak lanjut Instruksi dari Pj Bupati Murung Raya, Hermon, ketika penanaman cabe di Desa Danau Usung untuk melaksanakan gerakan penanaman cabe pada lingkungan Pemerintah Kabupaten Murung Raya.

“Kegiatan ini adalah tindak lanjut, dimana bapak Pj Bupati Murung Raya menginstruksikan untuk melakukan gerakan penanaman cabe pada lingkungan Pemerintah Kabupaten Murung Raya. Pada saat penanaman cabe di Desa Danau Usung, semoga bisa menjadikan percontohan buat kantor-kantor atau dinas-dinas lainnya,” kata Ferry.

Lanjutnya, Dua minggu yang lalu sebenarnya tanamanan cabe kami ini sudah bisa dipanen, namun tanaman kita agak riskan karena mulai diserang dan beberapa kali kami melakukan koordinasi dengan pihak penyuluh dan untuk melakukan penyemprotan dan pemeriksaan terhadap tanaman cabe kami. Saya ucapkan terimakasih kepada pihak penyuluh dan Dinas Pertanian yang sudah membantu sehingga kami bisa melaksakan kegiatan panen cabe ini,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Pj Bupati, Hermon,menyatakan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan panen tanaman cabe tersebut, panen perdana yang dilaksanakan oleh Bapplitbangda.

“Sekecil upaya apapun yang kita lakukan sepanjang untuk kemajuan masyarakat kita, hari ini selasa tanggal 4 juni 2024 panen perdana kita untuk penanaman cabe sebagai percontohan pada lingkungan perkantoran kita mulai hari ini perdana di kantor Bapplitbangda Mura,” imbuhnya.

“Saya lihat tanaman cabenya tidak kalah hasilnya dengan tanaman cabe profesional yang dilakukan oleh para -petani cabe kita,”imbuhnya.

“Jadi, semoga kedepannya melalui kantor Dinas Bapplitbangda Mura ini, menjadi contoh buat instansi-instansi lainnya dan tidak hanya pada perkantoran juga untuk masyarakat murung raya ke depannya,”tambahnya dalam sambutannya. ()