Inkado Mura Gelar Ujian Kenaikan Tingkat atau Sabuk Semester Pertama

BALANGANEWS, – Sebanyak hampir 20 (dua puluh) orang karateka anak – anak laki – laki dan perempuan dari Perguruan Karate, Indonesia Karate – Do (Inkado) Cabang Kabupaten (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah () yang semuanya adalah pelajar, mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) atau Sabuk.

Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) atau Sabuk hari ini, Sabtu (10/8/2024) dimulai dari pagi tepatnya pada pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai yang digelar oleh Pengurus Cabang Indonesia Karate – Do (Inkado) Wilayah Kabupaten Murung Raya (Mura) mengambil tempat di Aula Gedung Dewan Adat () Kabupaten Murung Raya (Mura) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Pantauan Balanganews.com dan awak media lainnya langsung dari Aula Gedung Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Murung Raya (Mura), sebelum dimulainya kegiatan yang dibawa oleh pembawa acara sesuai dengan susunan acara.

Terlebih dahulu, para karateka anak – anak laki – laki dan perempuan tersebut melakukan pemanasan yang dibimbing oleh instruktur atau guru atau lebih dalam bahasa beladiri karate dengan sebutan Sensei serta didampingi asisten pelatih atau Senpai.

Masih di tempat dan waktu yang sama, sesaat setelah para karateka selesai melakukan pemanasan. Memasuki tahapan kegiatan sesuai dengan susunannya, seluruh undangan yang hadir mengawali pembukaan acara kegiatan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Mars Inkado dan dilanjutkan kembali bagi para karateka membacakan sumpah karate serta memperagakan tradisi karate yakni melakukan penghormatan kepada Lambang Induk Organisasi Karate dan Lambang Perguruan Karate, Indonesia Karate – Do (Inkado).

Dalam laporannya, Ketua Inkado Cabang Kab. Mura yang juga sekaligus adalah Senpai pelaksana kegiatan UKT Sabuk menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh Inkado Cabang Kab. Mura disetiap tahunnya.

“Ini kegiatan Uji Kenaikan Tingkat (UKT) Sabuk yang pertama di tahun ini dan akan ada Uji Kenaikan Sabuk yang kedua,” ujar Ferdie kepada Balanganews.com dan awak media lainnya.

Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) atau Sabuk yang dilakukan pada hari ini diharapkan bisa memberikan angin segar bagi kemajuan karate di Murung Raya, terutama di Kota Puruk Cahu dan sekitarnya.

Tambahnya lagi, UKT Sabuk seperti ini dilakukan dua kali dalam setahun. Selama enam bulan mereka mendapatkan porsi latihan baru apabila naik tingkat atau sabuk, dengan naik tingkat atau sabuk, maka kualitas para karateka juga semakin meningkat.

“Baiknya, prestasi bisa diraih baik level Provinsi, Regional maupun seperti apa yang diinginkan dan diharapkan oleh Pemerintah Daerah,” ia menyampaikan kembali.

Sementara itu, Ketua Inkado Prov. Kalteng, Wim RK. Benung menyampaikan, pembinaan karateka mulai usia dini maupun usia muda tentu sangat baik.

“Semenjak sekarang mereka bisa dibentuk untuk disiplin, karena karate tidak hanya berbicara soal skill tapi juga dapat membentuk kepribadian diri menjadi kuat dan disiplin,” ungkapnya.

Harapannya, kegiatan – kegiatan seperti ini harus didukung oleh semua pihak. Karena merupakan salah satu wadah yang positif dan konstruktif bagi anak – anak melalui jalur olahraga untuk mengembangkan bakat dan potensinya untuk meraih prestasi dan bekal mereka dalam meraih cita – cita di masa depan.

Selain dihadiri langsung oleh Ketua Inkado Prov. Kalteng, Wim RK. Benung, saat pelaksanaan kegiatan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Sabuk turut dihadiri langsung Ketua dan Pengurus Cabang Indonesia Karate – Do Kab. Mura, Perwakilan Ketum KONI Kab. Mura, Karateka putra dan putri peserta didampingi orang tua atau wali serta tamu undangan lainnya. (Sam)