Pengrusakan PAUD Berakhir Damai, Pelaku Ternyata Kelompok Anak-Anak

WhatsApp Image 2023 06 12 at 6.13.37 PM (1)
Kondisi TK Paud Yayasan Theona ketika mengalami pengrusakan

BALANGANEWS, – Warga di kawasan Km 38, Kelurahan Sei Gohong, , Palangka Raya sempat dihebohkan dengan yang terjadi di TK Yayasan Theona, Rabu (7/6/2023).

Dua ruang kelas mengalami kerusakan terhadap sejumlah barang, termasuk tiang bendera dan benda-benda lainnya.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Bukit Batu segera melakukan penyelidikan terkait pengrusakan tersebut. Dari hasil penyelidikan terungkap jika pelaku pengrusakan ternyata sekelompok anak-anak. Mirisnya para pelaku yang berumur berkisar 6-9 tahun tersebut merupakan alumni dari sekolah yang dirusak.

Upaya mediasi kemudian dilakukan dengan mempertemukan pihak yayasan dan orang tua para pelaku.

Kapolsek Bukit Batu Ipda Iwan Kushadinoto mengatakan anak-anak tersebut mengakui semua perbuatannya mulai dari memasuki ruang kelas sampai dengan melakukan tindakan pengrusakan terhadap barang-barang yang ada di dalam kelas TK-A dan TK-B serta yang berada di luar kelas.

“Perbuatan pengrusakan dilakukan spontanitas olah anak-anak tersebut tanpa ada yang menyuruh,” katanya, Senin (12/6/2023) usai mediasi.

WhatsApp Image 2023 06 12 at 6.13.37 PM
Pihak yayasan dan orang tua ketika usai melakukan mediasi

Dari hasil mediasi yang dilaksanakan di , lanjutnya, atas kejadian tersebut masing-masing pihak mengakui adanya kelalaian dan kesalahan yaitu pihak sekolah tidak memperhatikan sistem keamanan dan pihak orang tua kurang melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya sehingga sepakat untuk berdamai dan tidak melanjutkan ke proses .

“Masing-masing orang tua membantu kerugian yang ditimbulkan atas kejadian tersebut,” tutupnya. (yud)