BI Kalteng Bersama Perbankan Luncurkan Program KALAKAI

7ABDEB02 2A5A 4885 A53D 274EB863DDA2

, – Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah () berkolaborasi dengan Perbankan melakukan layanan Kas terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan uang layak edar di masyarakat.

“Kegiatan yang diberi tema Kolaborasi Antarbank untuk Layanan Kas Terintegrasi ini disingkat KALAKAI, yang bekerjasama dengan perbankan wilayah Kalimantan Tengah untuk turut serta berperan aktif memenuhi kebutuhan akan uang layak edar di masyarakat,” kata Kepala BI Kalteng, Taufik Saleh, Selasa (20/6/2023).

kas keliling

Penamaan Kalakai, jelas Taufik, bukan tanpa alasan melainkan sarat akan makna. Kalakai merupakan salah satu tumbuhan pakis yang hidup di sepanjang tanah gambut dan dapat dijumpai hampir di seluruh wilayah Kalimantan Tengah, dan diharapkan dapat menjangkau dan melayani seluruh masyarakat di Kalteng.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian program kerja Bank Indonesia Kalteng yang telah disusun sebelumnya. Kami juga telah menyelenggarakan kegiatan Kas Keliling Susur Sungai pada 9-10 Mei 2023 dengan rute layanan sungai Kahayan-Pulang Pisau- yang berada di tiga wilayah yaitu Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas,” jelasnya.

Tidak hanya itu, beber Taufik, untuk memaknai Rupiah sebagai alat pembayaran yang sah dan simbol kedaulatan bangsa, pihaknya juga menggalakan kegiatan sosialisasi Cinta, Bangga dan Paham Rupiah yang dirangkai dalam tema “Betang Juara” (Belajar Tentang Sejarah Uang Rupiah).

PAN

“Kegiatan Betang Juara ini telah kami laksanakan di Kota Palangka Raya, Kota Kuala Kapuas, Kota Pangkalan Bun dan akan dilaksanakan juga di Kota pada pertengahan Agustus,” ungkap Taufik.

Saat ini, terdapat 6 bank turut serta dalam kegiatan layanan kas keliling yaitu; Bank Kalteng, BRI, , BNI, BTN dan Bank Muamalat. Secara teknis, Bank Indonesia akan mengagendakan jadwal dan lokasi kas keliling serta Bank yang akan melakukan layanan.

“Pada dasarnya, layanan kas keliling menyediakan seluruh pecahan, dengan mengutamakan pecahan Rp20.000 ke bawah. Adapun informasi jadwal dan lokasi layanan KALAKAI di-update di kanal media sosial BI Kalteng (instagram) @bank_indonesia_kalteng. Dan layanan KALAKAI ini tidak dipungut biaya,” tegasnya.

Selain perbankan wilayah kota Palangka Raya, Bank Indonesia juga telah melakukan kerjasama layanan kas keliling dengan beberapa bank di wilayah Buntok, , Sampit, dan Pangkalan Bun.

“Kedepannya, Bank Indonesia akan memperluas daerah jangkauan layanan KALAKAI ke seluruh wilayah Kalimantan Tengah, bekerjasama dengan perbankan yang ada di daerah tersebut,” pungkas Taufik. (asp)