Gubernur Minta Jamkrida Kalteng Perhatikan Hal Ini

23
Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo mewakili Gubernur Kalteng menghadiri rapat umum pemegang saham PT. Jamkrida Kalteng

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Gubernur yang diwakili oleh Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng), H. menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Jamkrida Kalteng, beberapa waktu lalu.

Di dalam sambutannya, Wagub menyebutkan selaku Pemegang Saham Pengendali, Kalteng meminta PT Jamkrida Kalteng untuk memperhatikan beberapa hal, yakni pertama, Penjaminan Proyek (Surety Bond) yang bersumber dari APBD/, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota, diarahkan ke PT Jamkrida Kalteng sesuai Surat Edaran yang pernah disampaikan beberapa waktu lalu.

idul adha1

Kedua, sebagai BUMD Kalteng, PT Bank Kalteng dan PT Jamkrida Kalteng harus mampu bersinergi. Secara khusus kepada Bank Kalteng, Gubernur meminta penjaminan kredit yang disalurkan wajib menggunakan PT Jamkrida Kalteng, sehingga kedua BUMD ini diharapkan mampu semakin optimal ikut meningkatkan perekonomian Kalteng.

“Untuk menyegerakan ruang lingkup usaha PT Jamkrida Kalteng menjadi berskala , Bank Kalteng dapat melakukan penyertaan modal, tentunya disertai dengan konsultasi kepada Provinsi Kalimantan Tengah. Sinergitas tersebut nantinya akan menjadi indikator pencapaian dan penilaian khusus tersendiri dari perusahaan daerah,” ucapnya.

idul adha3 idul adha2 ADE S

Ketiga, kata Wagub, Gubernur meminta Kabupaten/Kota se-Kalteng yang telah memiliki Perusahaan Daerah Bank Pengkreditan Rakyat (PD-BPR), seperti Sukamara dan , atau yang akan mendirikan BPR nantinya, mendorong BPR melakukan penjaminan kredit yang disalurkan kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah melalui PT Jamkrida Kalteng.

Lebih lanjut, disampaikan bahwa hal ini akan berdampak terhadap kinerja PT Jamkrida, sehingga dividen yang diterima seluruh pemegang saham nantinya akan meningkat.

“Dan, yang keempat, peningkatan kualitas SDM dan jaringan layanan maupun pemanfaatan teknologi informasi harus terus dilakukan secara berkesinambungan,” tuturnya.

Jamkrida, tambah Wagub, harus mampu mendukung Pemerintah Daerah dalam upaya mempercepat dan perekonomian serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kalteng.

“Jamkrida punya peran strategis dalam pembangunan daerah, terutama membantu penjaminan kredit para pelaku UMKM di Kalimantan Tengah, mendorong peningkatan akses pembiayaan dari perbankan dan lembaga keuangan lainnya,” tandasnya. (asp)