Respon Cepat, Team Rescue Damkar Tangani Sarang Tawon Vespa

WhatsApp Image 2023 07 26 at 2.43.54 PM
Petugas Team Rescue Damkar saat mengevakuasi sarang tawon vespa

BALANGANEWS, menindaklanjuti laporan Tawon Vespa yang sempat menyengat anak yang duduk di bangku sekolah dasar, hal tersebut terjadi akibat sarang dilempar kawan sebayanya yang berada di Jalan Betutu I Gang II.

Kepala Seksi Pengendali Operasi dan Komunikasi Penyelamatan Bidang Penyelamatan Sucipto mengatakan, menurut keterangan warga tetangga dekat dengan rumah yang ada sarang tawon vespanya itu, keadaan sarang tawon vespa sudah lama bersarang di atap rumah warga.

“Namun semakin hari semakin besar sarang tawon vespa itu kata warga tetangga suatu ketika ada kawan dari anak tetangga itu masih sekolah dasar, iseng melempar sarang tawon vespa itu akhirnya si anak sekolah dasar itu dikejar oleh induk tawon vespa cukup banyak,” ucapnya, Rabu (26/7/2023).

Setelah melempar anak tersebut lari menuju arah anak tetangga yang duduk di jembatan rumahnya cukup jauh sekitar 60 meteran dan juga teman dari anak yang melempar sarang tawon itu, anak yang melempar terus saja lari tidak sempat kena sengatan serangan balik dari tawon vespa itu.

“Namun malah anak sekolah dasar yang duduk di depan jembatan rumahnya yang malah terkena sengatan serangan tawon vespa yang dilempar kawan sekolah dasarnya juga, atas kejadian itu tetangga berunding bagaimana cara mengevakuasi sarang tawon vespa itu,” tambahnya.

Setelah berunding sebagian tetangga dan juga RT setempat kalau bersarang mengantung berani mengerjakan, namun kalau posisi sarangnya seperti itu mereka tidak berani untuk mengevakuasi sarang tersebut akhirnya dari mufakat tetangga dan RT diserahkan saja minta bantuan ke Team melewati Call Center 112.

“Atas laporan itu Team Rescue Damkar langsung bergerak cepat agar tidak ada lagi yang menjadi korban selanjutnya atas segatan tawon vespa itu, sesampainya di lokasi mengikuti petunjuk laporan nama jalan dan juga nomor kontak yang dapat dihubungi ternyata pelapor adalah ketua RT sendiri,” lanjutnya.

Adanya laporan tersebut, Team Rescue Damkar langsung disambut dan ditunjukan tempat di mana sarang tawon vespa itu berada juga dihadiri oleh tetangga dan dilayani Team Rescue serta dijelaskan Team Rescue langsung saja menggunakan pakai APD sesuai dengan standar operasional prosedur SOP.

“Dalam waktu 30 menit semua sarang dan tawon vespa dapat dievakuasi dengan baik dan selamat tanpa lolos satu ekor pun. Selanjutnya Tawon Vespa dimuat ke dalam karung akan dilepasliarkan ke alam bebas yang jauh dari pemukiman masyarakat,” ungkapnya. (udi)