Dewan Dorong Kolaborasi Pemda dan Masyarakat Tingkatkan Perekonomian

67c60a49 c511 4217 ae92 b9df811adc0c
Anggota DPRD Provinsi Kalteng, Duwel Rawing

BALANGANEWS, – Anggota Provinsi Kalteng, Duwel Rawing mendorong, adanya kolaborasi antara Pemerintah Daerah (Pemda) bersama masyarakat dalam rangka mendukung peningkatan lokal terutama sektor pariwisata melalui desa .

Ia menilai, kolaborasi itu sangat penting, karena dengan keterlibatan masyarakat dalam pengembangan desa wisata bisa sebagai salah satu kunci penting kesuksesan dalam menciptakan destinasi wisata yang menarik dan berkelanjutan.

“Pengembangan desa wisata miliki potensi untuk memberikan manfaat ekonomi yang signifikan dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Maka dari itu diperlukan kolaborasi untuk bisa memaksimalkan,” katanya baru-baru ini.

Politisi ini juga menjelaskan, Provinsi Kalteng memiliki potensi wisata yang kaya dengan kearifan lokal suku yang . Sehingga, perlu upaya bersama untuk menggali potensi tersebut secara optimal.

“Dengan memanfaatkan potensi wisata dan kearifan lokal yang ada, desa wisata akan menjadi destinasi menarik sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan kontribusi terhadap ekonomi lokal,” ungkap Duwel.

Selain itu, perhatian terhadap sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung di desa wisata diharapkan juga bisa menjadi salah satu fokus perhatian Pemerintah daerah seperti infrastruktur dan fasilitas pendukung lainnya.

“Para wisatawan akan tertarik datang jika fasilitas lengkap dan kondisi lingkungan aman dan nyaman. Maka, pemerintah dan masyarakat harus bisa bekerja sama untuk menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan,” tandasnya. (asp)