158 Karhutla Selama 2023, BPBD Fokuskan Pemadaman di Karya Hapakat

IMG 20230822 WA0028
Personel gabungan ketika melakukan pemadaman di Jalan Karya Hapakat

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA Hutan dan Lahan terus masif terjadi di Kota Palangka Raya. Hingga Selasa (22/8/2023) telah terjadi 158 kejadian dengan luasan area yang terbakar mencapai 96,59 hektare.

masih mendominasi terjadinya Karhutla dengan 89 kejadian, disusul Sebangau 41 kejadian, Pahandut 24 kejadian dan Bukit Batu 4 kejadian.

Terparah, Karhutla terjadi di Jalan Karya Hapakat yang telah berlangsung selama beberapa hari ini dengan luasan lahan yang terbakar mencapai 20 hektare lebih.

Kepala , Emi Abriyani, mengatakan, Tim dibagi menjadi tiga regu dalam upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan di kawasan Karya Hapakat, Km. 14, Kota Palangka Raya.

Dalam pemadaman yang dilakukan Selasa (22/8/2023), tim berfokus melakukan pemadaman sekaligus pembasahan dengan harapan api yang berada di dalam dapat padam.

“Kami berharap hari ini bisa tuntas sehingga kita bisa beralih ke tempat (Karhutla) lainnya,” katanya.

Ia menerangkan, Karhutla yang terjadi di Jalan Karya Hapakat diperkirakan mencapai luasan 2p hektare lebih karena spotnya terpisah-pisah. Hingga saat ini proses pemadaman telah mencapai 70 persen.

Dalam proses pemadaman tersebut petugas Karhutla mengandalkan sumber dari parit di sekitar karena tidak ditemukannya di tempat tersebut.

Pengaturan sedemikian rupa juga diberlakukan kepada personel yang bertugas dengan silih berganti agar pemadaman berlangsung maksimal dan tenaga dari personel tidak terporsir terlalu banyak.

“Tiap mesin penyedot air dioperasionalkan secara bergantian oleh petugas agar tenaga tiap regu pemadam tidak terporsir, paling tidak 1-2 jam setelah itu istirahat lalu diganti dengan yang lain,” ujarnya

Emy berharap agar masyarakat tidak membakar lahan, membakar sampah ataupun membuang puntung rokok sembarangan karena saat ini Karhutla lagi rawan-rawannya.

“Kembali kita imbau kepada masyarakat untuk sengaja membakar lahan. Kemudian berhati-hati ketika merokok dengan tidak membuang puntung secara sembarangan,” pesannya. (yud)