Akbid Betara Palangka Raya Komitmen Tingkatkan Mutu Pendidikan

Whatsapp Image 2023 09 23 At 9.20.43 Am
Ketua Pembina yayasan Banua Insan Harati, Hj Siti Aseanti atau yang disapa Bidan Sean

BALANGANEWS, PALANGKA RAYA – Akademi Kebidanan (Akbid) Betang Raya (Betara) yang berada di bawah Yayasan Banua Insan Harati (BIH) berkomitmen untuk menyusun rencana strategis guna meningkatkan mutu dan kompetensi lulusannya.

Hal tersebut dilakukan agar pelayanan yang dilakukan oleh lulusannya terstandart dalam memberi pelayanan kebidanan sampai ke daerah yang cukup sulit dijangkau atau daerah terisolir.

Ketua Pembina yayasan Banua Insan Harati, H Siti Aseanti yang biasa disapa mengatakan, dengan gebrakan tersebut penerimaan mahasiswa baru Akademi Kebidanan Betang Asi Raya Palangka Raya Tahun Akademik 2023/2024 mengalami peningkatan yang signifikan hingga tiga kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya.

“Mahasiswa baru Yang Sudah registrasi ulang dan terdaftar menjadi mahasiswa merupakan lulusan dari SMA, MA dan yang berasal dari kabupaten/kota yg ada di Kalimantan Tengah, bahkan ada mahasiswa baru yang berasal dari luar Kalimantan,” ucapnya, Sabtu (23/9/2023).

Dalam perkembangannya Yayasan BIH di bawah kepemimpinan H Pangeran Syarif Abdurahman Bahasyim selaku Ketua Yayasan BIH bersama pengelola pendidikan akan terus melakukan peningkatan kualitas pendidikan untuk menuju good government.

Bidan Sean juga mengatakan, salah satu strategi penting yang dilakukan adalah memperluas kemitraan untuk menciptakan peluang kerja bagi lulusan.

“Upaya ini salah satu komitmen dari Akbid Betara untuk menghasilkan lulusan yang siap membantu pemerintah guna menjadi tenaga kesehatan yang berkualitas dan menurunkan angka pengangguran yang ada di provinsi Kalimantan Tengah,” tegas Bidan Sean.

Komitmen lain, sambungnya, dalam bentuk rencana strategis dari Yayasan BIH adalah melakukan perubahan bentuk pendidikan dari Akbid menjadi institusi pendidikan yang lebih besar dan dapat berkontribusi dalam dunia pendidikan di Kalteng.

“Dalam beberapa tahun kedepan akan bertransformasi menjadi universitas yang unggul di Kalimantan Tengah yang menghasilkan lulusan yang siap kerja di dalam negeri dan Luar negeri,” ujarnya.

Bidan Sean bakal calon anggota dari Kalimantan Tengah ini juga menargetkan, tahun depan yaitu tahun akademik 2024/2025 Akbid Betang Asi Raya akan lebih dipercaya oleh masyarakat Kalimantan Tengah dengan peningkatan jumlah mahasiswa baru yang lebih banyak lagi.

“Kita juga akan mempersiapkan quota yang lebih banyak untuk mahasiswa yang kurang mampu dan beasiswa jalur prestasi,” pungkasnya. (asp)