DPRD Kalteng: Penanganan Karhutla Perlu Sinergitas

Whatsapp Image 2023 10 03 At 6.34.52 Pm
Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Achmad Rasyid

, – Ketua Komisi II DPRD , mengatakan, penanganan hutan dan lahan () yang terjadi saat ini perlu adanya sinergitas semua pihak, karena sinergitas hal yang sangat penting agar penanganan dapat dilakukan dengan maksimal.

“Sampai saat ini penganan Karhutla terus dilakukan, tapi kualitas udara di Kalteng semakin buruk karena kabut asap yang semakin tebal. Jadi untuk penanganan maksimal perlu adanya sinergitas,” ucapnya baru-baru ini.

Rasyid menambahkan, antar pemerintah harus saling bersinergi terutama dalam menyiapkan alat-alat pemadaman Karhutla, karena untuk menangani Karhutla di Kalteng harus membutuhkan peralatan memadai terutama yang sulit dijangkau.

“Pemda di Kalteng ini harus bisa bergerak cepat dalam menangani Karhutla, jika memang peralatan yang ada tidak maksimal ajukan ke pusat untuk meminta bantuan seperti halnya pengadaan helikopter bombing dan prasarana lainnya,” ungkapnya.

Kendati Rasyid mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh dan Pemda di Kalteng dalam melakukan saat ini.

“Harapan kita tentu pengalaman terdahulu di mana Kalteng pernah mengalami Karhutla besar dan mengakibatkan kabut asap tebal agar dijadikan pelajaran. Langkah arah solusi penanganan harus dilakukan agar Karhutla bisa dengan cepat tertangani,” pungkasnya. (asp)