Literasi Politik dan Media Sangat Penting untuk Pemilih Pemula

Whatsapp Image 2023 10 30 At 3.07.03 Pm
Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan Literasi Media yang digelar oleh KPID Kalteng

, – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Literasi Media mengangkat tema Pemilih Pemula Dukung dan Awasi Siaran Pemilu 2024, di Aula Jayang Tingang, Lantai I Kantor Gubernur, Senin (30/10/2023).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng, H. . Ia mengatakan, literasi politik dan media dipandang penting untuk membentuk sikap politik yang cerdas dan kritis, terutama bagi pemilih pemula dan muda.

“Acara ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pemilih pemula dan pemilih muda mengenai peranan serta pengaruh media dalam konteks politik,” ucap Edy Pratowo.

Wagub Edy menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Hasil dari literasi media ini hendaklah dimaknai lebih dalam lagi sebagai tolak ukur implementasi di era digital, khususnya di Kalimantan Tengah demi terwujudnya Kalteng Makin Berkah,” ujarnya.

Menghadapi tahun politik 2024 mendatang, diharapkan dapat berperan penting sebagai media katalisator pesan dan garda terdepan menangkal berita hoaks, khususnya di era digital seperti saat ini.

Wagub Edy menambahkan bahwa pemilih pemula bukan sekadar objek, melainkan juga subjek dalam pesta demokrasi mendatang.

“Pemilih pemula itu bukan hanya sebagai objek, tapi sebagai subjek yang bisa mengawasi jalannya pesta demokrasi, harus kita dukung. Sayang sekali apabila adik-adik ini tidak memberikan hak suaranya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KPID KKalteng, menyampaikan, bahwa , KPU, KPI, dan telah melaksanakan penandatanganan pembentukan gugus tugas pengawasan pemberitaan.

“Penandatanganan ini merupakan komitmen bersama untuk meminimalisir penyebaran berita hoaks, black campaign, fitnah, dan isu sara,” ucap Ilham.

Adapun output kegiatan literasi ini sambungnya, diharapkan mampu menekan angka Golput di Kalteng yang menurut data dari mencapai 21,01 persen. Ia mengharapkan peran serta siswa/siswi dan mahasiswa/mahasiswi yang hadir sebagai peserta.

“Ayo kita sosialisasikan peduli politik, jangan Golput karena satu suara kita menentukan nasib daerah dan bangsa kita,” pungkas Ilham. (asp)