Pemprov Kalteng Perkuat Koordinasi Pelaksanaan P3PD Hingga Daerah

Whatsapp Image 2023 10 31 At 5.49.40 Pm
Foto bersama pembukaan kegiatan konsolidasi pelaksanaan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) di Ballroom Best Western Hotel Palangka Raya

, – Pemprov melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) setempat mengadakan kegiatan konsolidasi pelaksanaan Program Penguatan dan Desa (P3PD) bekerjasama dengan Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (), Selasa (31/10/2023).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalteng, H. Aryawan mengatakan, kegiatan ini bertujuan memperkuat koordinasi pelaksanaan P3PD di daerah, sehingga pengelolaan P3PD berjalan baik.

“P3PD merupakan program Pemerintah dalam mendukung pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa,” ungkapnya.

Program ini dilaksanakan oleh empat kementerian dan lembaga, yaitu Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan (Kemendesa PDTT), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Komponen IV oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Kemen PPN/).

Selain itu, Aryawan menyampaikan bahwa pelaksanaan P3PD diharapkan dapat membawa perubahan pada sistem pembinaan dan pengawasan kepada desa maupun pemerintah daerah melalui inovasi pengembangan dan peningkatan kapasitas.

“Dengan adanya konsolidasi pelaksanaan P3PD ini tentunya akan meningkatkan komitmen bersama dan menghasilkan kontribusi terbaik yang signifikan demi suksesnya pelaksanaan program untuk meningkatkan pembangunan desa yang berkelanjutan,” ucapnya. (asp)