Pemprov Kalteng Gelar Bimtek Administrasi Kepegawaian Lingkup Setda

Whatsapp Image 2023 11 06 At 1.37.05 Pm (1)

BALANGANEWS, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Administrasi di Setda Provinsi Tahun 2023, di Aquarius Boutique Hotel Palangka Raya, Senin (6/11/2023).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (KSDM), Suhaemi mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan dapat memperdalam pemahaman dan menyamakan persepsi berkenaan dengan implementasi Permenpan RB Nomor 6 Tahun 2022, terutama dalam penerapan manajemen kinerja dan penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai.

“Di samping itu, melalui bimbingan teknis ini, diharapkan juga dapat semakin memantapkan sinergisitas dalam meningkatkan tata kelola dan pelayanan yang lebih optimal, khususnya di bidang administrasi kepegawaian,” ucapnya.

Suhaemi membeberkan, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB) Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara. Kebijakan ini merupakan penyempurnaan dari PermenPAN-RB Nomor 8 Tahun 2021 yang sebelumnya hanya mengatur manajemen kinerja Pegawai Negeri Sipil ().

“Dalam PermenPAN-RB Nomor 6 Tahun 2022 tersebut, ditekankan pentingnya penyelarasan kinerja organisasi dan kinerja individu ASN. Keselarasan ini akan menjadi kunci untuk mendorong capaian kinerja organisasi agar semakin optimal,” katanya.

Selain itu, Suhaemi menuturkan mengenai Reformasi Birokrasi. Reformasi Birokrasi merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih atau good and clean governance dan juga pelayanan publik yang prima. Reformasi Birokrasi menuntut adanya perubahan pola pikir dan budaya kerja Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Tanpa didukung transformasi ASN tersebut, niscaya Reformasi Birokrasi tidak akan mungkin dapat terwujud. Oleh karena itu, internalisasi nilai-nilai dasar atau Core Values Berakhlak harus dipupuk menjadi budaya kerja ASN,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kalteng, Johni Sonder menambahkan, bahwa kegiatan Bimtek tersebut dilaksanakan setiap tahunnya dilingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Kalteng.

“Kami harapkan dengan kegiatan ini ada suatu pemantik bagi setiap kepegawaian disetiap biro sekretariat daerah agar berinovasi. Itu yang belum kami temui, kami harapkan dengan adanya kegiatan ini ada sesuatu berubah nantinya,” ungkapnya. (asp)