Dishut Kalteng Tingkatkan Kapasitas Fungsional Polhut

Whatsapp Image 2023 11 14 At 4.29.44 Pm (1)

, – Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Tengah () melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas fungsional polisi kehutanan, di Ballroom Aquarius Palangka Raya, Selasa (14/11/2023).

Kepala Dinas Kehutanan Kalteng, Agustan Saining usai membuka kegiatan mengatakan, kegiatan tersebut digelar dalam rangka memberikan pelatihan kepada polisi hutan agar meningkatkan keahliannya dalam hal menembak.

“Jadi tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada rekan agar bisa meningkatkan keahliannya dalam hal memegang senjata api, kemudian cara menembak yang benar sehingga setelah itu mereka ini bisa profesional,” katanya kepada wartawan.

Setelah mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas fungsional polisi kehutanan sambung Agustan, diharapkan para polisi kehutanan bisa menjalankan tugasnya di lapangan dengan profesional.

“Ini nanti akan sangat diperlukan saat bertugas dilapangkan apalagi dengan kegiatan-kegiatan perambahan hutan, ilegal logging, pengamanan-pengamanan di kawasan, jadi diperlukan proteksi juga untuk kawan-kawan para polhut, penyidik maupun rekan-rekan kita di SPORC (Satuan Polisi Kehutanan Reaksi Cepat),” ujarnya.

Agustan menyebut, sejauh ini kinerja polisi kehutanan di Kalimantan Tengah sudah maksimal dalam melakukan berbagai macam kegiatan diantaranya patroli pengamanan di setiap awal hingga akhir tahun.

“Tapi memang kalau kita melihat kan kawasan kita di Kalteng sangat luas, kawan-kawan polisi kehutanan kita ini kan terbatas juga jumlahnya. Namun, kita juga dibantu dengan rekan dari gakum dan UPT LHK di Kalteng,” demikian Agustan. (asp)