Pemprov Gelar Rapat TEPRA, Percepat Realisasi Anggaran 2024

Whatsapp Image 2024 01 18 At 5.39.41 Pm

, Kalteng melaksanakan Rapat Tim Evaluasi Pengawasan Realisasi (TEPRA) Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2024, Kamis (18/1/2024).

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng, Nuryakin yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan , Sri Widanarni menyampaikan, rapat ini dalam rangka koordinasi, sinkronisasi dan harmonisasi dengan semua pemangku kepentingan dalam pengelolaan anggaran.

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

“Khususnya pelaksanaan percepatan penyerapan anggaran, baik maupun di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah,” ucap Sri.

Ia menambahkan, tujuan rapat TEPRA ini adalah untuk memonitor dan mengevaluasi percepatan Realisasi Penyerapan Anggaran yang telah dilakukan stakeholders, sehingga dapat terlaksana sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

“Yaitu pada triwulan I sebesar 20 persen, triwulan II 50 persen, triwulan III 85 persen, dan tanggal 15 November tahun berjalan sebesar 100 persen fisik,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng, H. menyebutkan, bahwa rapat TEPRA ini sebagai salah satu upaya Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mendukung kemajuan pembangunan.

“Rapat ini merupakan forum strategis untuk memperkuat koordinasi, sinergi, dan harmonisasi dalam pengelolaan anggaran, khususnya percepatan penyerapan anggaran, baik APBD maupun APBN tahun 2024,” katanya.

Wagub berharap, melalui rapat TEPRA ini berbagai kendala yang menghambat realisasi anggaran pada tahun 2023 dapat diidentifikasi, untuk kemudian dirumuskan solusinya bersama, agar permasalahan-permasalahan yang sama tidak terulang kembali pada 2024.

“Sehingga realisasi pembangunan tahun ini akan semakin meningkat, sesuai dengan target yang telah direncanakan,” pungkasnya. (asp)