Waket I DPRD Kalteng Minta Masyarakat Waspada Potensi Banjir

Whatsapp Image 2024 01 19 At 6.48.54 Pm
Wakil Ketua I DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Abdul Razak (ist)

BALANGANEWS, – Wakil Ketua I DPRD Kalimantan Tengah, H. meminta kepada seluruh masyarakat untuk waspada terhadap musim penghujan saat ini, yang berpotensi menyebabkan .

“Selaku wakil rakyat, saya meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap perubahan iklim cuaca yang saat ini memasuki , khususnya di beberapa wilayah yang berpotensi terjadinya bencana banjir,” ucapnya kepada media baru-baru ini.

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Wakil Rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) III yang meliputi Kabupaten (Kobar), Lamandau dan ini menyebutkan, penyebab banjir di Kalteng terbagi menjadi 2 faktor, yakni faktor alam dan non-alam.

Faktor alam, jelas Razak berkaitan dengan iklim serta tingginya curah hujan. Sedangkan faktor non-alam berkaitan dengan berkurangnya hutan karena aksi pembalakan liar, sehingga tanah tidak mampu menampung debit air.

“Iklim dan curah hujan tinggi merupakan hal yang biasa, tetapi yang menjadi masalah adalah banjir yang terjadi karena faktor non-alam seperti pembalakan liar, sehingga dengan tidak adanya pohon yang berfungsi menyerap air, tanah secara otomatis tidak mampu menahan debit air,” katanya.

Politisi senior Partai Golongan Karya (Golkar) Kalteng ini mengimbau kepada pemerintah untuk tanggap terhadap daerah-daerah yang berpotensi terjadinya bencana banjir.

“Saya meyakini pemerintah sudah melakukan pemetaan terhadap wilayah rawan bencana, dan saya berharap pemerintah bisa bergerak cepat dalam melakukan penanganan saat terjadi bencana khususnya dalam memberikan bantuan kepada masyarakat,” tandasnya. (asp)