Menteri LHK Kunker ke Kalteng, Datangi Desa Tuwung dan Taman Sebangau

Whatsapp Image 2024 01 23 At 8.32.27 Pm (1)

BALANGANEWS, – Menteri Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia (RI), Siti Nurbaya Bakar akan melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah (Kalteng) besok Rabu (24/1/2024).

Menteri LHK Siti Nurbaya datang ke Kalimantan Tengah pada Selasa (23/1/2024). Dan disambut langsung oleh Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo, di .

Whatsapp Image 2023 12 13 At 8.54.37 Pm

Hadir juga Kalimantan Tengah, Irjen Pol Djoko Poerwanto dan beberapa anggota Forkopimda Kalteng.

“Selamat Datang Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Ibu Siti Nurbaya Bakar ke Kalimantan Tengah,” ucap Wakil Gubernur Edy Pratowo.

Menteri Siti Nurbaya Bakar akan melakukan kunjungan kerja ke Desa Tuwung, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten pada Rabu (24/1/2024) besok.

Di wilayah tersebut, Menteri LHK mendengar meninjau lokasi terkait kesatuan pengelolaan hutan (KPH) Tuwung, tentang kegiatan perhutani sosial dan juga tentang penangkaran lebah madu, silvopasture, dan silvofishery.

Silvopasture adalah metode pengelolaan hutan dengan mengkombinasikan dengan ternak, dan silvofishery adalah sistem pertambakan teknologi tradisional yang menggabungkan antara usaha perikanan dengan penanaman mangrove.

Setelah dari Desa Tuwung ke Kereng Bangkirai. Di tempat tersebut, Menteri Siti Nurbaya Bakar bertandang kawasan dan area eks Karhutla selain itu Menteri LHK RI ini juga meninjau lokasi Taman Sebangau.

Luas wilayah Taman Nasional Sebangau sekitar 568 700 ha, dengan sumber daya alam mencakup 808 spesies tanaman, 15 jenis mamalia, 182 jenis burung, dan 54 spesies ular.

Jenis-jenis flora yang tumbuh subur di daerah rawa gambut sebagai taman nasional memiliki nilai yang baik dari produk kayu dan non-kayu. (asp)