Bawaslu RI Gelar Konsolidasi Bersama Media di Kalteng

, Badan Pengawas Pemilu () RI menggelar kegiatan Konsolidasi Media di Provinsi Dalam Rangka Penguatan Pemberitaan Hasil . Kegiatan itu dilaksanakan di Eltipark Cafe, Palangka Raya, Kamis (7/3/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa wartawan perwakilan media baik televisi, koran maupun online yang ada di Palangka Raya, baik lokal maupun .

Kegiatan ini juga dihadiri narasumber dari Pimpinan Redaksi media online Inews.id, Zen Teguh Triwibowo dan editor Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Kalteng, Jaya Wirawana Manurung.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi Bawaslu Kalteng, Nurhalina dalam sambutannya, menyampaikan sebelumnya KPU Kalteng, telah selesai dilaksanakan rekapitulasi penghitungan suara tingkat Provinsi.

“Kita membuka diri yang seluasnya-luasnya terkait dengan pemberitaan terkait pemilu. Kita berharap media ini bisa memberikan pemberitaan yang berimbang,” ucapnya.

Lanjutnya, selain sebagai pilar demokrasi, media juga disebut sebagai agen perubahan. Pemberitaan dari media, tentunya berpengaruh pada pemahaman masyarakat karena media sebagai corong informasi bagi masyarakat.

Harapannya kata Nurhlina, dengan pemberitaan yang baik dan benar dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang demokrasi. Karena pemilu yang telah dilaksanakan kemarin, akan menjadi potret yang sangat penting bagi pemilu yang akan datang.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kalteng, Hj. Siti Wahidah dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting.

“Harapannya setelah kegiatan ini, sahabat Bawaslu khususnya dari media dapat menggali informasi dari para narasumber yang telah hadir,” ujarnya.

Wahidah menambahkan, Pemilu ini nantinya juga akan beririsan dengan yang akan datang . Apalagi media ini sudah sebagai corong informasi yang menyampaikan tahapan-tahapan pemilu ke masyarakat sehingga masyarakat tahu.

Dirinya berharap media harus netral, karena media adalah sumber informasi yang dipercaya oleh masyarakat.

“Harapannya masyarakat merasakan kedamaian, ketentraman setelah membaca berita dari media-media. Melalui kegiatan ini harapannya pemberitaan dapat objektif, akurat dan terpercaya Mencegah dan mis informasi serta memperkuat kemitraan antara Bawaslu Kalteng dan media,” imbuhnya. (asp)