Tingkat Kegemaran Membaca Kalteng 2023 Masuk Kategori Tinggi

, PALANGKA RAYA – Berdasarkan data dari Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Gemar Membaca Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Provinsi , Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) Kalimantan Tengah tahun 2023 masuk ke kategori tinggi.

Tingkat Kegemaran Membaca adalah tingkat perilaku atau kebiasaan masyarakat dalam memperoleh pengetahuan dan informasi dari berbagai bentuk media yang dilakukan secara mandiri dalam jangka waktu tertentu.

Di Provinsi Kalteng terdapat 7 (tujuh) kabupaten mengalami peningkatan kategori TGM dari sedang ke tinggi yaitu Kabupaten , Kabupaten Kapuas, Kabupaten , Kabupaten , Kabupaten Seruyan, Kabupaten Barito Timur, dan Kabupaten Murung Raya.

Kemudian, 3 (tiga) kabupaten yang berada di kategori sama dengan tahun sebelumnya ialah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Lamandau, dan Kabupaten .

Namun sangat disayangkan terdapat 4 (empat) kabupaten/kota yang mengalami penurunan kategori dari tinggi ke sedang, yaitu Kabupaten , Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten , dan Kota Palangka Raya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalteng, Nunu Andriani mengatakan, tinggi dan rendahnya TGM bukan saja bergantung pada upaya mandiri masyarakat tapi juga intervensi pemerintah.

“Di sinilah pentingnya setiap Dinas Perpustakaan di Provinsi maupun kabupaten melakukan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, misalnya mengupayakan pengadaan buku dari dana CSR Perusahaan, selain memang secara rutin mengalokasikan anggaran untuk itu,” ucap Nunu, Senin (18/3/2024).

Ia berharap setelah adanya kerjasama antara Pemerintah Provinsi maupun daerah dengan masyarakat, Tingkat Kegemaran Membaca di setiap kabupaten/kota mengalami peningkatan.

“Dan kegiatan kolaboratif tersebut dapat membawa dampak yang signifikan untuk mewujudkan budaya gemar membaca,” demikian Nunu Andriani. (asp)