Ilham Busra Daftar Calon Walikota Palangka Raya ke PDIP dan Gerindra

, – Setelah mendaftarkan diri ke Partai Kebangkitan Bangsa (), Ilham Busra juga mendaftarkan diri sebagai bakal calon Walikota Palangka Raya ke PDI Perjuangan dan ke Partai , Minggu (12/5/2024).

Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah () Kalteng ini datang ke DPC dan ke DPC Gerindra Palangka Raya beserta rombongan disambut langsung oleh Ketua masing-masing DPC.

Pada kesempatan tersebut, Ilham Busra mengatakan, sudah menyerahkan berkas pendaftaran ke empat partai politik (parpol) dari enam parpol yang direncanakan.

“Di Nasdem saya daftar, PKB saya daftar, di , dan saat ini di Gerindra. Insya Allah Selasa mendaftar di Perindo dan ,”ujarnya saat berada di Kantor DPC Partai Gerindra Palangka Raya.

Dia mengklaim mendaftar bakal calon wali kota tunggal. Karena saat dirinya mendaftar berbarengan dengan Andreas Junaidi, yang mendaftar sebagai bakal calon wakil wali kota. Kendati, dirinya siap dipasangkan dengan siapa saja kalau hal tersebut keputusan dari partai yang memberikan rekomendasi.

“Kebetulan berbarengan dengan Andreas Junaidi sebagai bakal calon wakil wali kota. Kita tidak tahu nanti, partai yang mengatur. Kalau jodoh saya dengan beliau, ya kita jalani. Kalau dengan yang lain kita akan jalani,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPC Gerindra Palangka Raya, M. Erlansyah Jamain mengatakan, hingga saat ini ada beberapa pendaftar dari berbagai latar belakang yang berbeda.

“Itu nanti kan mungkin jadi salah satu penilaian waktu fit dan proper test. Kami dari DPC Partai Gerindra Palangka raya membuka seluas-luasnya kepada yang ingin mendaftar sebagai sebagai Bakal Calon Wali Kota maupun Wakil Wali Kota,” katanya.

Ia menegaskan, siapapun yang mendapat rekomendasi dari DPP Partai Gerindra, pihaknya Gerindra Kota Palangka Raya akan siap memenangkan calon tersebut.

“Tetapi itu semua tergantung lagi dengan komunikasi kami dengan beberapa partai politik yang lain,” sambungnya.

Terpisah, Ketua DPC PDIP Kota Palangka Raya, Nenie A Lambung, menyambut baik langkah Ilham Busra untuk mendaftarkan sebagai bakal calon Walikota Palangka Raya.

Dia menjelaskan bahwa penentuan calon wali kota akan dilakukan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, sedangkan pihaknya akan menjalankan prosedur partai dalam melakukan penjaringan saja.

“Kalau sesuai prosedur semua bakal calon nantinya akan dilaksanakan survei dan akan mendekati uji kelayakan bakal calon, sehingga nantinya yang memutuskan juga DPP PDIP,” ungkapnya. (asp)