Dimeriahkan Band Kotak, Sekda Tutup Kalteng Expo 2024

, – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), menutup secara resmi Kalteng Expo 2024 di Arena Pameran Temanggung Tilung, Palangka Raya, Rabu (15/5/2024).

Nuryakin mengatakan, agenda tahunan Kalteng Expo adalah bentuk komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) dalam upaya mempromosikan potensi daerah dan produk unggulan yang ada, sekaligus mendorong pemulihan ekonomi di wilayah Kalteng.

“Adapun salah satu kiat kita untuk memperkenalkan potensi produk unggulan Kalteng kepada masyarakat luas, terutama kepada pembeli, investor atau calon investor, yaitu dengan aktif mengikuti pameran dalam dan luar negeri, ataupun dengan melaksanakan pameran sendiri,” ucapnya.

Sekda Nuryakin menambahkan, bahwa Kalteng Expo Tahun 2024 ini, merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalimantan Tengah.

Harapannya, tentu saja untuk menarik minat investor dalam dan luar negeri untuk berinvestasi di Kalteng. Selain itu, untuk memupuk kepercayaan dan kecintaan masyarakat terhadap produk dalam negeri, agar dapat bersaing di pasar domestik dan bahkan global.

“Kegiatan ini juga salah satu upaya mendukung Program Nasional Bangga Buatan Indonesia () dan Bangga Berwisata di Indonesia (),” tambah Nuryakin.

Nuryakin menambahkan, atas nama masyarakat dan Pemprov Kalteng mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada panitia penyelenggara, EO, para peserta, dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan.

“Sehingga Kalteng Expo Tahun 2024 ini dapat berjalan baik, lancar, dan sukses. Tidak lupa pula saya menyampaikan apresiasi terselenggaranya kegiatan Pameran Kesempatan Kerja (Job Fair) dan Tahun 2024,” ungkapnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala dan Perindustrian (Disdagperin) Provinsi Kalteng, Rangga Lesmana mengatakan, selama Kalteng Expo yang digelar sejak tanggal 11 hingga 15 Mei 2024 sebanyak kurang lebih 13.000 pengunjung per harinya dengan total omset penjualan kurang lebih Rp7,5 milliar.

Rangga Lesmana mengharapkan dari Kalteng Expo ini terjadi Bussines Matching antara penyedia dan pembeli.

“Sehingga harapannya kedepan, komoditas produk Kalteng dapat memenuhi pasar lokal, nasional, maupun internasional,” pungkasnya.

Dalam acara penutupan, diumumkan para juara lomba stand terbaik. Untuk kategori instansi vertikal juara 1 diraih oleh Bank Indonesia. Kategori Kabupaten/kota juara 1 diraih Pemerintah Kota Palangka Raya. Kategori SOPD juara 1 diraih oleh Dinas Kelautan dan .

Selanjutnya, Kategori stand favorit diraih oleh Dinas Perkebunan Provinsi Kalteng. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan hiburan yang dimeriahkan oleh Kotak Band. (asp)