BI Sukses Dorong UMKM dan Literasi Keuangan pada Kalteng Expo 2024

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalteng, Taufik Saleh

, – Bank Indonesia (BI) Kalimantan Tengah (Kalteng) mencatat pencapaian gemilang dalam gelaran Pesona Tambun Bungai X Kalteng Expo 2024.

Festival dan edukasi ini, yang dihelat di Area Pameran Temanggung Tilung dari tanggal 11 hingga 15 Mei 2024, terbukti menjadi daya tarik bagi masyarakat dan memberikan dampak positif bagi para UMKM dan promosi daerah untuk mencapai .

Secara keseluruhan, kegiatan Kalteng Expo sukses mendongkrak perputaran dan UMKM senilai Rp15 miliar. Pencapaian ini menunjukkan antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap produk-produk UMKM lokal berkualitas tinggi.

Selain itu, diprakirakan total pengunjung selama kegiatan berlangsung mampu menarik massa sebanyak 65.000 orang atau 13.000 orang per hari.

Kepala BI Kalteng, Taufik Saleh mengatakan, capaian Bank Indonesia dalam kegiatan Kalteng Expo ini juga turut membanggakan. Booth Bank Indonesia dikunjungi masyarakat dengan antusiasme luar biasa khususnya terhadap produk-produk UMKM binaan BI Kalteng.

“Total penjualan produk UMKM binaan BI Kalteng mencapai lebih dari Rp300 juta dalam 5 hari acara,” sambung Taufik.

Sama seperti capaian Hall A Utama Kalteng Expo, Produk Wastra tetap menjadi yang paling diminati, diikuti kriya dan makanan minuman olahan. Hal ini menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap produk-produk lokal berkualitas tinggi.

Tambah Taufik, Bank Indonesia juga sukses mengedukasi masyarakat tentang digitalisasi pembayaran dan cinta rupiah melalui berbagai program menarik, seperti , kuis, dan pojok baca.

“Hal ini mendorong peningkatan penggunaan dan awareness masyarakat terhadap penggunaan rupiah yang baik. Dalam event tersebut lebih dari 85 persen transaksi yang terjadi booth Bank Indonesia menggunakan sarana pembayaran non tunai seperti QRIS dan transfer,” jelasnya.

Kehadiran Bank Indonesia di Kalteng Expo 2024 tidak hanya memberikan dampak positif bagi para UMKM binaan, tetapi juga bagi perekonomian daerah secara keseluruhan.

Festival ini menjadi wadah bagi UMKM untuk memasarkan produk mereka kepada khalayak yang lebih luas dan meningkatkan pendapatan mereka serta meningkatkan kepercayaan diri UMKM untuk mencapai cita-cita yang lebih besar.

“Banyak UMKM yang tertarik untuk menjadi UMKM binaan Bank Indonesia karena merupakan kebanggaan tersendiri apabila menjadi salah satu UMKM binaan Bank Indonesia,” ungkap Taufik Saleh.

Dia menuturkan, meskipun Kalteng Expo 2024 telah berakhir, Bank Indonesia senantiasa terus bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah () untuk mendukung UMKM dan meningkatkan literasi keuangan di Kalteng dalam mencapai Kalteng Berkah.

“Bank Indonesia secara konsisten mengajak masyarakat untuk terus berbelanja produk UMKM lokal dan menggunakan digitalisasi pembayaran dalam transaksi sehari-hari,” pungkas Taufik. (asp)