Batamad Murung Raya Dukung Penegakan Hukum Terkait Konflik Sosial di Kalteng

Sekretaris Batamad Kabupaten Murung Raya, Muslim Mualim

BALANGANEWS, – Dalam merespons maraknya kasus pencurian sawit di Kalimantan Tengah (), Barisan Pertahanan Adat Dayak (Batamad) (Mura) berkomitmen penuh untuk mendukung penegakkan yang tegas.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Batamad Kabupaten Murung Raya, melalui Sekretaris Batamad Kabupaten Murung Raya, Muslim Mualim, Minggu (26/5/2024).

Dia menekankan bahwa pendekatan saat ini harus lebih komprehensif, tidak hanya fokus pada akibat tetapi juga menelusuri penyebab utama dari masalah tersebut.

“Kami menolak segala pencurian atau penjarahan buah di Kabupaten dan mendukung penegakkan hukum dari terhadap pelaku pencurian,” ujar Muslim.

Muslim juga menekankan pentingnya inventarisasi penyebab konflik sosial ini dan menuntut konsistensi dari aparat pemerintah yang bersih dan berwibawa.

Ia menggarisbawahi perlunya penelitian mendalam mengenai identitas para pencuri, dengan mencatat bahwa alasan pencurian mungkin lebih kompleks dari sekadar kelaparan, dan bisa jadi terkait dengan lainnya.

“Tetap menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polda Kalimantan Tengah, jaga kebersamaan dan kekompakan untuk Kalteng yang damai,” pungkasnya. (asp)