Dinas PUPR Kalteng Berikan Pembinaan ke P3A

BALANGANEWS, – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Tengah () memberikan Pembinaan kepada Perkumpulan Pemakai Air (P3A) di Provinsi setempat, pada 27-28 Mei 2024.

Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) adalah lembaga pengelolaan irigasi yang dibentuk secara demokratis oleh petani pemakai air dalam suatu daerah layanan/petak tersier atau desa.

Lembaga ini berfungsi sebagai wadah bagi para petani dalam mengelola irigasi di daerah mereka.

P3A bertujuan memaksimalkan potensi air irigasi yang tersedia di petak tersier atau daerah irigasi pedesaan untuk kesejahteraan masyarakat tani.

Di Kalteng, kegiatan ini diselenggarakan untuk mendukung nasional, terutama sehubungan dengan strategis nasional Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten .

Pembinaan P3A ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan manajerial dan teknis irigasi para petani sehingga mampu mengangkat perekonomian masyarakat.

Pelatihan ini meliputi peningkatan kemampuan dalam perencanaan, pengoperasian, dan pemeliharaan pengelolaan air pada jaringan irigasi permukaan dan irigasi rawa.

Praktisi dari Direktorat Bina Marga Kementerian PUPR, Raharjo Ari Karyanto menyatakan, bahwa pembinaan untuk perkumpulan petani air harus dilakukan terus menerus. Karena Kalteng memiliki lahan rawa yang luas, banyak petani, dan potensi yang besar.

“Dengan pembinaan ini, petani bisa kuat dan mandiri. Oleh karena itu, diperlukan komisi irigasi agar mereka bisa menghidupi diri sendiri,” ucapnya.

Dia berharap para petani dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan ini, mulai dari tata cara mengatur air hingga cara menjaga agar rawa-rawa tidak menumpuk sampah, sehingga sistem irigasi dapat berfungsi dengan baik.

“Harapannya dengan pembinaan ini mereka bisa menerapkan apa yang sudah disampaikan di kegiatan ini, mulai dari tata cara mengatur air, dan tata cara bagaimana rawa-rawa jangan sampai menumpuk sampah, sehingga sistem irigasi dapat lancar,” tandasnya. (asp)