Modal Inti Tembus Rp3 Triliun, Bank Kalteng Torehkan Kinerja Terbaik Selama 2023

Komisaris Utama PT Bank Kalteng, Rahmat Hidayat

, – Bank kebanggaan milik Provinsi Kalimantan Tengah (), berhasil mencapai modal inti sebesar Rp3 Triliun.

Hal itu disampaikan oleh Komisaris Utama Bank Kalteng, , usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan 2023, di M Bahalap Hotel, Palangka Raya pada Selasa (28/5/2024).

“Tadi kita sampaikan pada pelaporan bahwa berdasarkan PJOK 17 bahwa modal inti itu wajib 3 triliun per 31 Desember, tadi dipertanggungjawabkan kita sampaikan bahwa modal inti kita telah 3 triliun pada 1 Mei kemarin,” ucapnya.

Adanya pencapaian tersebut sambung Rahmat, hal itu merupakan hasil dari kinerja jajaran Bank Kalteng, kemudian komitmen kuat dari pemegang saham, pengurus, direksi dan komisaris serta Kalteng.

Selain itu, dengan adanya capaian tersebut, Bank Kalteng bisa dikatakan “Selamat” karena, tidak akan menjadi Bank Rakyat (BPR) seperti ada 8 Bank daerah di Indonesia yang diakuisisi oleh Bank lain.

“Jadi dalam laporan pertanggungjawaban tadi, Bank Kalteng mengukuhkan diri sebagai Bank yang tetap menjadi milik orang Kalteng,” ujar Rahmat.

Sementara itu, sepanjang Tahun 2023 Bank Kalteng juga berhasil meraih laba kurang lebih Rp300 Miliar, dan capaian itu menjadi yang terbesar sepanjang berdirinya Bank Kalteng.

Dalam RUPS tersebut Gubernur Kalteng, H. juga berharap peningkatan kinerja dari Bank Kalteng, mengingat Bank tersebut adalah Bank independen. Peningkatan kinerja tentunya dari para direksi, dengan pengawasan dari dewan komisaris.

Sebelum RUPS selanjutnya diharapkan kinerja Bank Kalteng harus ditingkatkan lagi. Agar para pemegang saham pada saat pembagian dividen nanti, bisa maksimal untuk menopang sebagai pendapatan giro dari pendapatan asli Daerah di wilayah yang ada di Kalteng. (asp)