Presiden Salurkan Bantuan Pangan CBP Kepada Masyarakat Palangka Raya

, PALANGKA RAYA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau stok beras sekaligus menyalurkan bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) kepada masyarakat Kota Palangka Raya, Rabu (26/6/2024) sore.

Sebanyak 380 paket yang berisikan 10 kilogram beras disalurkan oleh Presiden Joko Widodo kepada masyarakat, di Gudang Perum Bulog, Km.7 Kota Palangka Raya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden mengatakan beras yang disalurkan ini berkualitas baik dan merupakan beras pilihan. Ia menuturkan, bahwa jika harga beras naik, petani senang, tetapi masyarakat kesulitan.

“Begitu juga sebaliknya, jika harga beras turun, masyarakat senang, tetapi petani kesulitan. Oleh karena itu, tugas Pemerintah adalah menyeimbangkan agar keduanya tidak dirugikan,” katanya.

Presiden Joko Widodo menambahkan, jika stok beras di dalam negeri kurang atau tidak ada, maka Pemerintah akan membeli beras impor agar harga beras tidak naik.

“Karena kalau supply kurang, otomatis harganya jadi naik. Tetapi saat ini kita masih bisa tenang karena stok beras di Bulog kita ada 1,7 juta ton,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama Perum Bulog, Bayu Krisnamurthi, menyatakan pihaknya siap melakukan pengadaan beras di dalam negeri, yang saat ini jumlahnya mencapai lebih dari 750 ton.

“Sehingga sampai akhir tahun 2024, pengadaan beras dalam negeri akan bisa mencapai 1 juta ton,” jelasnya.

Ia mengungkapkan saat ini stok beras di Bulog dipersiapkan untuk bantuan pangan.

“Seperti kata Bapak Presiden tadi, bantuan pangan akan ditambah tiga bulan lagi setelah bulan Juni, yaitu Agustus, Oktober dan Desember,” bebernya.

Lebih lanjut, beras yang ada di Bulog ini berfungsi sebagai alternatif bagi masyarakat agar bisa mendapatkan beras yang berkualitas baik dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditentukan oleh Pemerintah Daerah setempat.

“Bulog siap mendukung Kementerian Pertanian yang telah berusaha meningkatkan produksi untuk musim tanam kedua, yang nanti akan panen kira-kira bulan Agustus-September, dan Bulog siap untuk menampung,” tandasnya.

Nampak hadir Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan , Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala Badan Pangan Arief Prasetyo Adi, Kalteng , dan Kepala Kantor Bulog Wilayah Kalteng Budi Cahyanto. (asp)