Wagub Kalteng Pimpin Upacara Hari Jadi Ke-22 Kabupaten Pulang Pisau

BALANGANEWS, – Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng), Edy Pratowo, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Jadi Ke-22 Kabupaten Pulang Pisau, di halaman Kantor Bupati setempat, Selasa (2/7/2024).

Tahun ini, peringatan Hari Jadi Pulang Pisau mengusung tema “Berjuang Bersama Mewujudkan Pulang Pisau Basewut (Beragama, Agraris, Sehat, Inovatif, Wisata Unggul, dan Terkoneksi)”.

Kabupaten Pulang Pisau, yang dikenal sebagai Bumi Handep Hapakat, telah genap berusia 22 tahun sejak ditetapkan berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2002 tentang Pembentukan Kabupaten Pulang Pisau bersama tujuh kabupaten lainnya di Provinsi Kalteng.

Dalam kesempatan istimewa ini, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, melalui Wakil Gubernur Edy Pratowo, menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pulang Pisau.

“Saya mengucapkan Selamat Hari Jadi Ke-22 Kabupaten Pulang Pisau. Semoga semakin maju pembangunannya, semakin berkualitas pelayanan publiknya, semakin sejahtera masyarakatnya, dan semakin makmur daerahnya,” kata Edy di dalam sambutannya.

Wagub menekankan, bahwa semangat dan cita-cita suci di balik lahirnya Kabupaten Pulang Pisau harus terus dijunjung sebagai landasan .

“Dalam usianya yang lebih dari dua dekade ini, berbagai progres positif pembangunan di segala bidang tentu sudah dirasakan,” tambahnya.

Salah satu prestasi yang diraih tahun ini adalah keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau dalam mempertahankan Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI untuk ke-9 kalinya berturut-turut.

Selain itu, pada Mei 2024, Kabupaten Pulang Pisau menerima penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UKM RI sebagai Daerah Kabupaten/Kota Terbaik Ill Terbesar se-Indonesia dalam ajang Inabuyer Business To Business To Government Expo 2024.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas dukungan pemanfaatan produk usaha mikro, kecil, dan koperasi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.

“Saya menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada para tokoh pendiri dan pendahulu, Bupati dan Wakil Bupati periode sebelumnya, serta seluruh elemen masyarakat atas kontribusinya terhadap kemajuan pembangunan di Kabupaten Pulang Pisau,” ujar Edy.

Peringatan Hari Jadi Ke-22 Kabupaten Pulang Pisau ini diharapkan menjadi momentum untuk memperkokoh semangat kebersamaan dalam menumbuhkan kemakmuran daerah.

Gubernur melalui Wagub mengajak seluruh elemen Kabupaten Pulang Pisau untuk menaruh perhatian pada beberapa sektor strategis yang menyentuh langsung masyarakat, yaitu sektor pangan, , dan pendidikan.

“Kita harus bahu-membahu mendukung keberhasilan Program Strategis di Kabupaten Pulang Pisau, sehingga mampu menjadi daerah lumbung pangan Kalimantan Tengah dan juga IKN,” ujar Wagub.

Edy Pratowo menambahkan, bahwa melalui APBD, Pemprov Kalteng telah membangun rice to rice milling, sebuah mesin berteknologi yang mengubah beras biasa menjadi beras premium berkualitas tinggi.

“Saat ini mesinnya masih dirakit di Surabaya. Insya Allah, bulan September nanti sudah terbangun di Desa Panting, Pandih Batu, Pulang Pisau,” ucapnya.

Gubernur juga mengingatkan tentang prioritas program pembangunan Kalteng, termasuk percepatan penurunan , penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), pembangunan untuk kemudahan akses mobilitas masyarakat, serta kesiapsiagaan menghadapi kebakaran hutan dan lahan.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Pulang Pisau khususnya dan Provinsi Kalimantan Tengah umumnya, untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada 2024 dengan menggunakan hak suara dan memelihara kerukunan, keamanan, dan kondusivitas di seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Tengah. Kemudian, kepada semua Aparatur Sipil Negara (), agar tetap menjaga netralitas,” tandasnya. (asp)