Wagub: Ekonomi Kalteng Triwulan I Tumbuh 5,01 Persen

Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo

, PALANGKA RAYA – Wakil (Wagub) Kalimantan Tengah (), , menyampaikan bahwa Kalteng pada Triwulan I Tahun 2024 menunjukkan kinerja yang sangat menggembirakan.

Hal ini diungkapkannya saat menghadiri Rapat Koordinasi Pengendalian dan Evaluasi (Rakordalev) di Aula Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan () Kalteng, Kamis (4/7/2024).

Edy Pratowo menjelaskan, bahwa ekonomi Kalteng pada Triwulan I Tahun 2024 tumbuh sebesar 5,01 persen (year on year), dibandingkan dengan pertumbuhan sebesar 3,74 persen pada Triwulan I Tahun 2023.

“Target capaian indikator makro ekonomi RKPD Provinsi Kalteng Tahun 2024 meliputi pertumbuhan ekonomi sebesar 5,80 persen (calendar to calendar), angka kemiskinan sebesar 4,66 persen, gini rasio sebesar 0,216, indeks manusia (IPM) sebesar 73,42 persen, dan tingkat pengangguran terbuka (TPT) sebesar 3,90 persen,” ujar Edy.

Ia menambahkan, tingkat kemiskinan di Kalteng pada Maret 2023 tercatat sebesar 5,11 persen, lebih rendah dan lebih baik dibandingkan capaian sebesar 9,36 persen. Hal ini menempatkan Kalteng sebagai provinsi dengan penduduk miskin paling sedikit kelima di Indonesia.

“Gini rasio Kalteng saat ini sebesar 0,317, lebih rendah dan lebih baik dibandingkan capaian nasional sebesar 0,388,” tambah Edy.

Edy Pratowo juga menekankan pentingnya terus menjaga dan meningkatkan kinerja ekonomi ini demi mencapai target-target pembangunan yang telah ditetapkan, serta untuk kesejahteraan masyarakat Kalteng.

“Dengan hasil yang menggembirakan ini, diharapkan Kalimantan Tengah dapat terus mengembangkan potensinya dan mencapai tujuan pembangunan yang lebih baik di masa mendatang,” tandasnya. (asp)