Ratusan Warga Petuk Katimpun Gelar Ritual Tolak Bala

Ratusan warga Petuk Katimpun saat melaksanakan ritual tolak bala dengan berjalan kaki sambil membawa obor.

, – Ratusan warga , , Kota Palangka Raya yang tergabung diantarnya rukun tetangga (RT) 01, 02, 03, 04 08 dan 09 melaksanakan doa dan shalawat bersama pada Senin (22/7/2024) malam.

Doa dan shalawat bersama tersebut dilakukan dengan cara berjalan kaki sejauh 5 kilometer atau dari Katimpun Bawah sampai muara Katimpun (simpang tiga ).

Sejumlah masyarakat pun membawa obor sambil berjalan kaki selama rangkaian kegiatan, dan dibarangi lantunan dzikir dan shalawat.

Kegiatan sendiri digagas tokoh agama dan masyarakat sebagai permohon kepada maha pencipta atau Allah SWT agar warga diberikan dan dijauhkan dari marabahaya.

Kegiatan yang bertepatan pada bulan Suro tersebut, juga disambut baik agama non muslim memeriahkan kegiatan.

“Kegiatan ini adalah sebagai permohonan ampun dan permintaan kepada Allah SWT, agar warga Petuk Katimpun terus diberikan kesehatan. Bagi yang sakit diberikan kesembuhan, juga dijauhan dari marabahaya,” sebut Ustad Al Kausar pemuka agama.

Kausar menambahkan, acara tersebut memang dipimpin secara agama Islam namun untuk agama lain turut dilibatkan yaitu membacakan sesuai dengan kepercayaan mereka masing-masing.

Disampaikan Kausar, acara dimulai dari Katimpun Bawah dengan pertama-pertama melaksanakan dzikir, shalawat kemudian adzan di tiga titik.

“Kegiatan mulai Katimpun Bawah sampai Muara Katimpun. Semoga harapan kami warga Paletuk Katimpun dapat dikabulkan. Terakhir makan-makan bersama di tempat titik kumpul terakhir,” tuturnya. (yud)