Satlantas Polresta Palangka Raya Imbau Pengendara Utamakan Keselamatan Diri dan Penumpang

Kanit Gakkum Satlantas Iptu Eko Nurhanto ketika memastikan pengaman helm terkunci kepada pengendara.

, , tak henti-hentinya untuk mengingatkan masyarakat di wilayah hukumnya agar selalu mengutamakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain saat berkendara.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Kasatlantas, Kompol Salahiddin bersama personel bagi para pengendara yang melintas di kawasan Jalan Ahmad Yani dan AIS Nasution, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kamis (22/8/2024) pagi.

Kompol Salahiddin menjelaskan, imbauan disampaikan sebagai kepedulian dan edukasi tentang keselamatan bagi pengendara beserta penumpang, salah satunya yakni terkait penggunaan helm.

“Menggunakan helm merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh pengendara sepeda motor maupun penumpang yang dibonceng sebagai perlindungan diri apabila mengalami kejadian lalu lintas (),” tuturnya.

Sehingga tingkat fatalitas atau resiko yang membahayakan jiwa saat mengalami laka lantas dapat diminimalkan, sebab sudah sangat banyak contoh kasus korban laka lantas yang berakhir meninggal dunia akibat tidak menggunakan helm.

Selain itu, Kompol Salahiddin juga mengimbau agar hal tersebut dibarengi juga dengan kedisiplinan untuk mematuhi serta menaati rambu-rambu dan aturan lalu lintas yang berlaku berdasarkan Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ.

“Mari patuhi dan taati seluruh rambu-rambu maupun aturan berlalu lintas yang berlaku, semua itu demi menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (kamseltibcar) lalu lintas bagi kita semua saat berkendara,” pungkasnya. (yud)