Dinas Kesehatan Gelar Rakerkesda untuk Meningkatkan Transformasi Kesehatan

Kadis Kesehatan Provinsi Kalteng Suyuti Syamsul, saat memukul gong dalam pembukaan kegiatan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Kalteng Tahun 2024

BALANGANEWS, – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Kesehatan Kalteng berkomitmen pada strategi untuk mempercepat pencapaian target kesehatan.

Dalam sambutan Kalimantan Tengah H yang dibacakan Kadis Kesehatan Provinsi Kalteng Suyuti Syamsul mengatakan, transformasi kesehatan adalah salah satu prioritas yang utama, terutama dalam meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Dalam hal ini ada beberapa poin penekankan penting yang harus diperhatikan bersama, yaitu peningkatan akses dan kualitas layanan kesehatan dengan memastikan bahwa semua lapisan masyarakat, terutama yang tinggal di daerah terpencil,” ucapnya saat membuka Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Kalteng Tahun 2024, di Swiss-Bellhotel Danum Palangka Raya, Selasa (27/8/2024).

Selain itu juga, dalam hal ini memiliki akses yang memadai ke layanan kesehatan berkualitas. Ini termasuk penguatan kesehatan dan peningkatan kapasitas tenaga medis.

“Kedua, peningkatan program kesehatan masyarakat yakni pencegahan adalah kunci dalam mengurangi beban penyakit. Kita harus memperluas program kesehatan masyarakat, seperti imunisasi, pencegahan penyakit tidak menular, dan promosi gaya ,” lanjutnya.

Ketiga, pemanfaatan teknologi dan inovasi kesehatan dimana dalam era digital ini, pemanfaatan teknologi untuk telemedicine dan sistem informasi kesehatan harus dioptimalkan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan kesehatan.

“Keempat, pemberdayaan masyarakat yakni harus mendorong masyarakat untuk lebih aktif dalam menjaga kesehatan mereka sendiri, melalui program-program promotif dan preventif yang melibatkan peran serta masyarakat,” tuturnya.

Terakhir, kolaborasi antar sektor. Masalah kesehatan sering kali memerlukan pendekatan yang menyeluruh. Oleh karena itu, kolaborasi antara sektor kesehatan dengan sektor lain, seperti , ekonomi, dan , sangat penting untuk mencapai kesehatan masyarakat yang optimal.

“Kita harus mengakui bahwa tantangan kesehatan tidak hanya terletak pada penyakit, tetapi juga pada determinan sosial kesehatan yang lebih luas. Oleh karena itu, partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat dan semua pemangku kepentingan adalah kunci dalam mewujudkan masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera,” ungkapnya. (udi)