Atlet Putra Panjat Tebing Kalteng Melaju ke 16 Besar

, ACEH – Atlet putra asal Kalimantan Tengah (), Alberto Agustin, yang akrab disapa Bolang, berhasil melaju ke babak 16 besar pada ajang Pekan () XXI/2024 Aceh-Sumatra Utara.

Bolang menempati peringkat ke-12 dari 37 atlet yang berkompetisi di nomor Speed WR perorangan putra, dengan catatan waktu 5,45 detik dari dua kali percobaan di babak penyisihan. Pertandingan panjat tebing ini digelar di kompleks Stadion Harapan Bangsa, Aceh, Selasa (10/9/2024) pagi.

Sementara itu, atlet panjat tebing putri, Youngme, yang juga turun di nomor Speed WR perorangan putri, harus mengakhiri perjuangannya di babak penyisihan. Ia mampu menempati peringkat ke-20 dari 31 peserta dengan catatan waktu terbaik 9,89 detik.

Pada kesempatan itu, Bolang menyatakan tekadnya untuk terus berupaya maksimal agar dapat melaju ke babak delapan besar, dan jika memungkinkan, mencapai empat besar untuk masuk ke final.

“Doakan saja terus menang, karena ini adalah kali kedua saya ikut PON,” ungkap Bolang.

Pelatih panjat tebing, Kornelis, menjelaskan bahwa Youngme mengalami banyak kesalahan selama pertandingan.

“Untuk Youngme, terlalu banyak eror yang dialami. Dari latihan (practice) dan pemanasan (warm-up), catatan waktunya masih di angka 11 detik,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa performa Youngme sebenarnya menunjukkan peningkatan pada awalnya.

“Di babak penyisihan, di Line B, Youngme mencatat waktu 9,89 detik. Namun, di Line A, dia terpeleset dan melakukan kesalahan yang membuat catatan waktunya turun menjadi 12,58 detik,” jelas Kornelis.

“Harapannya, grafik performa terus meningkat dari latihan hingga babak penyisihan, bukan malah menurun,” tambah Kornelis.

“Tapi inilah pertandingan, ada banyak faktor yang mempengaruhi hasil, baik menang maupun kalah,” tutupnya. (asp)