Pemprov Kalteng Peringati Hari Perhubungan Nasional 2024

, – Untuk memperingati Hari Nasional (Harhubnas) 2024, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah () melalui Dinas Perhubungan menggelar upacara di Terminal Tjilik Riwut, Palangka Raya, pada Kamis (19/9/2024).

Upacara tersebut dipimpin oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, dan , .

Dalam sambutannya, Yuas membacakan pesan Menteri Perhubungan yang menekankan bahwa peringatan Harhubnas merupakan momentum refleksi terhadap pengabdian dan karya di sektor transportasi.

“Melalui tema Transportasi Maju Nusantara Baru, saya mengajak seluruh pemangku kepentingan di sektor transportasi untuk meninjau kembali pencapaian selama sepuluh tahun terakhir, menjaga kesinambungannya, serta mencatat perbaikan untuk masa depan,” ujar Yuas.

Ia juga menyoroti pentingnya kolaborasi sektor transportasi dalam mewujudkan konektivitas, sehingga seluruh wilayah di Indonesia dapat terhubung, berdaulat, dan mencapai kemandirian ekonomi.

“LRT tanpa masinis tidak hanya hadir di Jakarta, tetapi juga di Palembang. Di Ibu Kota Nusantara, kita bahkan bisa menikmati Autonomous Rail Rapid Transit (ART). Berbagai moda transportasi modern ini tidak hanya nyaman, tetapi juga ramah , sehingga mendukung gerakan global untuk mengurangi emisi, khususnya dari sektor transportasi,” tambahnya.

Selain itu, Yuas menjelaskan bahwa digitalisasi sektor transportasi telah diterapkan di seluruh Indonesia.

“Pencapaian ini tidak hanya membanggakan, tetapi juga meningkatkan layanan transportasi agar lebih efisien, efektif, nyaman, dan memudahkan masyarakat,” ujarnya.

Ia menutup sambutannya dengan pesan agar pencapaian selama satu dekade terakhir dapat terus dilanjutkan dengan integritas dan keberlanjutan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Tengah, Yulindra Dedy, menyampaikan bahwa pemilihan Terminal Bandara Tjilik Riwut sebagai lokasi upacara Harhubnas kali ini didasarkan pada peran bandara sebagai gerbang utama yang menghubungkan Kalteng dengan wilayah lain di Indonesia.

“Sejak diresmikan pada 2018, Bandara Tjilik Riwut terus memainkan peran penting dalam memajukan perekonomian daerah serta memperkuat konektivitas antarwilayah,” tutup Yulindra. (asp)