Kalimantan Tengah Usulan Cagar Budaya Lokal Menjadi Nasional

, – Kepala Dinas dan Prov. Adiah Chandra Sari mengungkapkan, ada beberapa bersejarah di Kalimantan Tengah diusulkan untuk dinaikkan statusnya menjadi cagar budaya peringkat nasional.

“Saat ini yang sedang kita coba usulkan, yang pertama Tugu , Gereja Mandomai, kemudian Betang Tumbang Anoi dan ada juga yang sedang kita survei jika itu kita rasa memungkinkan, kita usulkan sebagai cagar budaya tingkat nasional maka akan kita proses,” ucapnya, saat di wawancarai di Aula AJT Kantor Kalteng, Rabu (25/9/2024).

Memang untuk Betang Tumbang Anoi misalnya saat ini, sedang dicoba untuk cagar budaya tingkat kabupaten dulu jadi dia berjenjang, tingkat kabupaten itu ditetapkan dengan SK bupati atau walikota.

“Kemudian untuk cagar budaya tingkat provinsi ditetapkan dengan Sk gubernur, dan nanti untuk cagar budaya nasional kita akan bersidang di Jakarta, ataupun dibeberapa tempat tapi nanti tim ahli cagar budaya menyidangkan, cagar budaya tingkat nasional,” tambahnya.

Nanti itu akan di-SK-kan dengan sk menteri, jadi ada beberapa itu yang akan diusulkan namun masih proses, baik itu di tingkat kabupaten atau provinsi.

“Selain itu juga dari tiga bangun ini yang sudah ke tingkat nasional sebenarnya, sudah dari kemarin ada yang diangkat dua cagar budaya pertama kawasan gereja Mandomai, dan masjid kiyai gede, sementara yang ada ini masih proses di tingkat provinsi,” lanjutnya.

Karena kemarin masih kekurangan data yang ada, dan dikembalikan lagi ke kabupaten untuk dipenuhi data-data yang diminta oleh tim ahli cagar budaya tingkat nasional.

“Tentunya dengan penetapan status cagar budaya tingkat nasional diharapkan juga dapat meningkatkan potensi pariwisata budaya di Kalimantan Tengah,” ungkapnya. (udi)