Berkolaborasi untuk Keadilan, Bawaslu Mengajak Masyarakat Aktif pada Pilkada

Bawaslu Kota Palangka Raya berfoto bersama dalam kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif untuk pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024

, – Badan Pengawas () Kota Palangka Raya menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif untuk pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024. Acara berlangsung di Hotel Aquarius, Palangka Raya, Jumat (4/10/2024).

Ketua Bawaslu Kota Palangka Raya Endrawati mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat penting, karena untuk memberikan pengetahuan peran masyarakat dalam mengawasi jalannya proses pemilihan kepala daerah, agar berjalan dengan baik dan aman.

“Keterlibatan masyarakat dalam pengawasan pemilu sangat penting untuk menjaga integritas dan memastikan pemilu berjalan dengan jujur, adil, serta bebas dari kecurangan,” ucapnya.

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam mengawasi berbagai tahapan , sehingga bisa meminimalisir potensi pelanggaran dan memastikan proses demokrasi berlangsung dengan baik.

“Kita berharap peserta yang hadir pada hari ini menjadi mitra Bawaslu dalam memberikan pengawasan dan melaporkan jika terjadi indikasi pelanggaran selama proses Pilkada, kepada masyarakat yang melaporkan jangan khawatir karena kami akan merahasiakan identitas dari pelapor,” tambahnya.

Pengawasan partisipatif tidak hanya melibatkan Bawaslu sebagai lembaga resmi, tetapi juga membutuhkan dukungan penuh dari masyarakat luas.

“Pengawasan dari masyarakat sangat penting untuk menjamin hasil pemilu yang berjalan lancar dan dapat diterima oleh semua pihak, dengan kegiatan sosialisasi ini, Bawaslu berharap masyarakat dapat lebih memahami pentingnya pengawasan dalam Pilkada serta berani melaporkan jika menemukan pelanggaran,” ungkapnya. (udi)