Partisipasi Masyarakat Sangat Penting Dalam Membangun Demokrasi yang Kuat dan Stabil

Akademisi IAIN Palangka Raya Prof Dr Hj Hamdanah, saat memaparkan materinya dalam kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif untuk pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024

BALANGANEWS, – Akademisi Prof Dr Hj Hamdanah dalam materinya pada kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif untuk pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024 mengatakan, keterlibatan masyarakat dalam merupakan faktor penting dalam keberlangsungan demokrasi.

“Untuk membangun sinergitas dengan masyarakat dalam mengawal proses pelaksanaan pemilihan serentak 2024, Bawaslu harus meningkatkan sosialisasi sadar pengawasan partisipatif terhadap masyarakat,” ucapnya, Jumat (4/10/2024).

Bawaslu tanpa dukungan masyarakat dalam mengawal pemilihan tidak akan efektif, tetapi perlu diingat tugas pengawasan bukan merupakan monopoli dari Bawaslu namun perlu didukung oleh masyarakat yang punya perhatian dan berpartisipasi untuk mengawasi demi mewujudkan pemilu vang berintegritas.

“Organisasi kemasyarakatan adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi kehendak kebutuhan, kepentingan, kegiatan dan tujuan untuk berpartisipasi dalam demi tercapainya tujuan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” tambahnya.

Ormas dapat menjadi mitra strategis bagi pemerintah dan lembaga-lembaga dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan politik, serta dalam mendorong terciptanya masyarakat yang lebih sadar politik dan aktif dalam menjalankan hak kewajibannya sebagai warga negara.

“Seperti kita ketahui bahwa pentingnya peran ormas dalam pemilu, karena pemilu ini adalah proses demokratis yang memungkinkan rakyat memilih pemimpin dan wakil rakyat di suatu negara dan daerah,” lanjutnya.

Di Indonesia, pemilu dilakukan setiap 5 tahun dan melibatkan ratusan juta warga negara untuk memilih presiden, anggota DPR. DPD, dan , , Walikota/Bupati, selain itu partisipasi masyarakat sangat penting dalam membangun demokrasi yang kuat dan stabil.

“Dengan ikut serta dalam pemilu, masyarakat memiliki kesempatan untuk memilih pemimpin yang akan memimpin daerahnya dengan baik dan memperjuangkan kepentingan rakyat,” ungkapnya. (udi)