Peningkatan Kualitas Layanan, DPMPTSP Kalteng Gelar Bimtek Perizinan Berbasis Elektronik

, – Sebagai langkah untuk meningkatkan kapasitas sumber daya aparatur khususnya di bidang penanaman modal, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Elektronik.

Acara ini diadakan untuk Petugas Penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu, yang dilaksanakan di Swiss-belhotel Danum, Palangka Raya, Selasa (8/10/2024).

Pelaksana Harian (Plh) Kepala DPMPTSP Provinsi , Agus Candra, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan bimtek kali ini diikuti oleh 40 peserta dari berbagai yang membidangi perizinan dan non-perizinan.

“Mereka terdiri dari petugas front office dan back office dari 17 sektor yang menangani pelayanan perizinan di Provinsi Kalimantan Tengah,” ujarnya.

Agus berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi dan pengetahuan para peserta, khususnya yang bertugas sebagai ujung tombak pelayanan di bidang perizinan.

“Dengan peningkatan kualitas pelayanan, diharapkan akan ada dampak positif yang luas pada berbagai aspek dan , serta mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di Kalteng untuk mewujudkan Kalteng yang makin Berkah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Terpadu Satu Pintu sekaligus Ketua Pelaksana Kegiatan, Esther M.L. Tobing, menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari program kerja DPMPTSP Provinsi Kalteng tahun 2024.

Tujuan utama dari Bimtek ini, sambungnya, adalah memberikan pemahaman kepada petugas mengenai layanan perizinan berbasis risiko melalui sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA).

“Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan kinerja pelayanan di DPMPTSP Provinsi Kalteng, sehingga membawa dampak positif pada dunia di Kalteng,” tutup Esther. (asp)